Wednesday, August 30, 2017

72 Tahun RI, Bersama Membangun Media Indonesia yang Berkualitas

Wednesday, August 30, 2017 Posted by rizka farizal 4 comments

Media sosial merupakan media yang tidak asing lagi sekarang ini. Bahkan saat ini masyarakat Indonesia lebih banyak menghabiskan waktunya untuk membaca berita lewat media sosial dibandingkan media mainstream. Tidak hanya berita, ucapan perayaanpun lebih banyak dimeriahkan lewat media sosial seperti halnya perayaan HUT-RI ke-72. Media sosial seperti facebook dan Google langsung memberikan aplikasi reminder pada halaman depannya tentang perayaan HUT-RI ke-72. Para netizenpun mengucapkan lewat media sosial tersebut. Jujur sebagai pengguna sosial, saya tau tema HUT-RI lewat media sosial. 

Tema HUT-RI ke-72 sangat berbeda dengan tema sebelumnya. Jika sebelumnya tema HUT-RI Kerja Kerja Kerja. Sekarang temanya Indonesia kerja bersama. Secara harfiah sangat jelas pemerintah sekarang tidak mengutamakan kerja per individu tapi kerja sama dari semua masyarakat agar kehidupan masa depan bangsa berjalan lebih baik.

Berbicara mengenai kerja bersama, saya sebagai blogger sekaligus pengguna media sosial sangat mendukung tema HUT RI ke-72. Karena saya memperhatikan berita di media sosial banyak pernedaan. Perbadaan pendapat memang perlu tapi perbedaan yang saling menghujat dan berhubungan SARA itu sangat tidak menjunjung Bhinneka Tunggal Ika. Puncak dari perbedaan yang tidak menjunjung SARA di media sosial itu adalah saat Pilkada Jakarta yang dialami bapak Ahok. Saat musim Pilkada banyak yang saling menghujat SARA lewat media sosial. Tidak hanya warga DKI saja tapi warga luar DKI juga ikut-ikutan saling menghujat SARA. Astaghfirullah…

Seharusnya media sosial harus bisa netral dan tidak ikut menambah konflik SARA. Pengguna sosial harusnya bisa menjaga akhlaknya lewat berita yang disampaikannya. Pengguna media sosial harus mencari data dan fakta pendukung sebelum mempublikasikan beritanya. 

Melihat konflik media sosial yang ada, Kementrian Kominfo mengadakan pelatihan blogging (flash blogging) kepada para blogger Jambi tanggal 30 Agustus 2017 di Swisbell supaya dapat memberikan konten yang berkualitas. Bukan konten yang bisa merusak persatuan Indonesia. 



Menurut Bapak Deden Suryanandika (Kepala Dinas Kominfo Jambi) "blogger itu orang yang kecerdasannya di atas rata-rata dari orang lain. Karena blogger selalu mempunyai ide dan mencari data dan fakta seblum mempublikasikan tulisannya".

Pak Nurrahmah Herlambang

Bapak Deden Suryanandika

Acara pembukaan flash blogging dibuka oleh Pak Nurrahmah Herlambang (Direktur Kemitraan Komunikasi Kominfo). Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa para blogger jangan menyampaikan konten yang hoax dan memunculkan isu SARA. Buatlah konten positif dan bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat. Jangan memberikan informasi jari jempol lebih cepat daripada otak. Blogger harus tabayyun dulu sebelum membagikan berita.

Pada pelatihan blogger ini juga dihadiri pemateri Anindya Dhyaksa dari beritagar.id dan Alois Wisnuwardana (Wisnu) selaku admin fokus Jokowi. Anindya Dhyaksa memberikan materi tentang konten kreatif yangmana menurutnya dalam membuat konten kreatif harus mempertimbangkan ide dan pada bagian tulisan harus memuat 3 bagian, yaitu lead (membuka tulisan), tubuh tulisan, dan penutup.

Pak Wisnu memberikan materi tentang penulisan media dengan memperhatikan jurnalistik. Menurut Pak Wisnu, media sosial sekarang hanya 10% yang kebenarannya valid dan 90% sampah. Untuk itu sebelum mempublikasikan tulisan harus memperhatikan aspek kebenaran, verifikasi, independen, menerima kritik, komprehensif dan inspiring.

Demikian rangkaian materi flash blogging. Harapannya media sosial dapat memegang teguh persatuan. Ingatlah bahwa kemerdekaan bangsa diperoleh dengan tetesan air mata. Janganlah dilunturkan dengan isu SARA pada media sosial yang dapat merusak persatuan.

Reaksi:

4 comments:

  1. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete