Friday, May 29, 2015

Hidup Sehat Tanpa Stres

Friday, May 29, 2015 Posted by rizka farizal , 10 comments
Awal menjalankan hidup sehat sejak kepergian mendiang papi. Kepergian yang mendadak dan tidak disangka-sangka padahal umurnya masih muda saat itu. Papi yang biasanya selalu fit tiba-tiba dibawa ke rumah sakit karena muntah berdarah. Setelah 3 hari dirawat, papi pergi meninggalkan kami. Menurut diagnosa dokter, papi positif menderita hepatitis bahkan organ hatinya sudah pecah makanya muntah berdarah. Kami kaget dengan diagnosanya. Karena tidak ada tanda-tanda penyakit hepatitis seperti badan kuning, mata kuning, badan lemes, perut buncit. Papi juga terbiasa menjaga makanan, tidak merokok, tidak minum alkohol tapi kok masih bisa menderita hepatitis? 

Setelah kepergian papi, aku termotivasi menjalankan pola hidup sehat seru supaya selalu sehat. Seru? Iya, aku menjalankannya dengan happy, santai dan tidak terbebani. Inilah pola hidup sehat seru versiku:

  1. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah toilet, setelah berkotor-kotoran. Aku membiasakan cuci tangan dengan sabun supaya tidak terkena virus.
  2. Vaksinasi dan cek kesehatan. Dua bulan setelah kepergian papi, aku dan keluargaku mengecek kesehatan. Alhamdulillah kami semua negatif menderita hepatitis. Tak cukup di situ, kami juga menjalankan vaksinasi hepatitis dengan waktu berkala.
  3. Mengkonsumsi makanan sehat dan nutrifood. Meskipun seorang food blogger, aku tetap selektif memilih makanan. Karbohidrat, protein, sayuran dan buahan menjadi konsumsiku sehari-hari. Jujur, saat ini aku belum bisa menganut paham one day no rice. Karena aku butuh asupan gizi untuk meningkatkan berat badan. Iya, saat orang lain diet, aku malah ingin gemuk. Aku mencoba food combining terutama dengan protein. Contoh tidak bersamaan makan daging dan ikan karena keduanya berasal dari habitat yang berbeda dan melarut di tubuh juga berbeda. Meskipun demikian ada makanan yang aku hindari, seperti: MSG, makanan kalengan, minuman bersoda, berwarna dan beralkohol. Aku sering request kepada penjual makanan untuk tidak memberikannya.
  4. Berkebun. Aku mulai suka berkebun saat menjadi penggiat bdgberkebun. Berkebun bermanfaat bagi kesehatan. Aku bisa menyicipi makanan organic yang langsung ditanam sendiri. Berkebun juga menjadi pengganti olahraga.
  5. Jalan dan lari santai. Sehari itu mungkin > 2 jam aku berjalan santai.
  6. Istirahat cukup dan tidak begadang. Aku ingat diagnosa dokter bahwasanya organ hati papi sudah bekerja di atas normal. Makanya aku berusaha untuk tidak memforsir tubuh.
  7. Tidak stres. Bagiku inilah yang terpenting dari pola hidup sehat. Karena stres dapat menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Sekeren apapun metode mengkonsumsi makanan, akan luruh saat stres. Stres juga menyebabkan insomnia karena banyak pikiran. Parahnya lagi stres bisa membuat malas menjalankan hidup sehat. Percuma deh point-point sebelumnya. Jika sudah malas, program hidup sehat gagal dijalankan. Saat usiaku sekarang, sangat rentan merasa stres. #malahcurhat Tapi aku berusaha untuk mengendalikannya. Jika mulai stres, biasanya aku menyalurkan hobiku dengan menulis, browsing, jalan-jalan supaya hidupku kembali happy. Sebenarnya upaya pengendalian stres yang paling manjur adalah beribadah dan bertawakal. Karena aku yakin Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik untukku.

Begitulah pola hidup sehat seru versiku. Oh iya, supaya konsisten menjalankannya, aku sering mengevaluasi pola hidup sehat setiap minggu. Aku juga selalu bersyukur karena sadar sehat itu mahal. Yuk menjadi #HealthAgent bersama Nutrifood supaya sehat.

Reaksi:

10 comments:

  1. Nasib kita sama ya mak.... Sama-sama ditinggal papa dengan cara yang sangat mendadak. Cuma emak masih lebih beruntung ada kesempatan untuk merawat papinya saat di opname. Kalau saya, ga ada kesempatan itu. Almarhum papa cuma satu jam sebelum dinyatakan dokter telah tiada

    ReplyDelete
  2. Mak saya juga ditinggal Ayah mendadak...malah ga ada riwayat sakit sama sekali.

    Tipsnya boleh neh mak...makasih sharingnya. Yuk ah hidup sehat.

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya hidup sehat itu simpel aja yak asal kita mau konsisten jalaninnya

    ReplyDelete
  4. Sebetulnya kalau dilihat kebanyakan penyakit dari makanan dan pikiran ya...so kalau pengen sehat kembali ke makanan sehat dan berpikir posiitf selalu ^_^

    ReplyDelete
  5. yuk akh mulai hidup sehat tanpa stres,,hehe
    Salam kenal ya mbak!! :))

    ReplyDelete
  6. makanan memang sangat berpengaruh yaa

    ReplyDelete
  7. Karena terkadang penyakit juga bisa datang dari pikiran yang sedang mumet hehehe

    ReplyDelete
  8. yes benar skali bahwa kesehatan itu sangatlah penting, dan dengan mengikuti cara hidup sehat di atas sangatlah baik, dan tentunya kita harus ingat bahwa untuk merawat kesehatan yang baik kita hanya perlu mengatur pola makan, dan selalu rutin berolahraga itu saja sudah cukup.

    Tapi untuk menjalaninya terkadang susah sekali, hingga membuat resolusi segala setiap tahunnya, hingga akhirnya tidak terjalan-jalan, terima kasih ya,

    ReplyDelete