Wednesday, September 03, 2014

BIG99 Cafe, Cafe PT KAI Pertama

Wednesday, September 03, 2014 Posted by rizka farizal , 6 comments
PT KAI merupakan perusahaan kereta api satu-satunya di Indonesia. Baru-baru ini, PT KAI sudah melebarkan sayapnya. Tak hanya bisnis kereta api, tapi juga bisnis kuliner dan rencananya juga bisnis perhotelan. Bisnis kuliner kereta api Bandung yang pertama bernama Restaurant Kereta Api (Reska) yang terletak di dekat stasiun Bandung. Karena ingin lebih dekat dengan masyarakat, Reska membuat cabang yang jauh dari stasiun kereta api.

Adalah Big99 Café cabang dari Reska. Big99 merupakan restaurant PT KAI pertama yang terletak jauh dari stasiun. Big99 yang terletak di Jl. Bengawan No. 25. Katanya sih tempat Big99 di Bengawan dulunya bekas kantor PT KAI.
Big99 baru diresmikan oleh pegawai PT KAI tanggal 29 Agustus 2014. Café ini bisa dinikmati dengan duduk di kursi dan bisa juga dengan lesehan. Bagi pemiliknya angka 99 dianggap hoki. Karena itulah dinamakan Big99 Café.

Bersama blogger dan +InfoBandung 

Menu andalan Big99 adalah milkyway. Karenanya logo Big99 itu sapi. Sayangnya, saat kemaren aku ke sana, si milkyway sudah habis terjual. Jadinya nggak bisa nyicip deh. Hiks.

Hebatnya, Big99 memiliki varian menu yang diandalkan. Tak hanya milkyway, menu makanannya pun banyak. Aku pun menanyakan makanan andalannya kepada waitress yang ramah dan berjilbab. "Makanannya apa yang laris, teh?", kataku kepada waitress. "Hmm, kalau yang laris dari sejak opening siang tadi sih grilled salmon", jawab si waitress. Kalau melihat komposisinya yang mengandung ikan salmon dari Norwegia dipanggang dengan saus paprika merah, acar sayuran, dan kentang bakar keju memang maknyos sepertinya. Aku pun langsung memesan grilled salmon.

Begitu grilled salmon disajikan, salivaku pun langsung meleleh. Makanannya sangat menggoda. Tak mau berlama-lama, aku pun langsung menyicipi salmon. Hmm, salmonnya enak banget. Tidak keras dan tidak terlalu lembek. Apalagi salmonnya dicolek dengan saus paprika merah yang berasa manis-pedas. Makin enak, bro. Kentang bakar keju yang masih sepiring dengan salmon paling juara menurutku. Lezato!
Grilled Salmon

Sedangkan menu appetizer (sekaligus dessert), aku penasaran dengan lumpia bohay. Karena aku pernah mendengar bahwa lumpia bohay yang berasal dari Bandung sangat aduhay lezatnya. Tak lama setelah pesan, lumpia bohay pun tiba. Aku suka dengan penyajiannya yang dapat merubah menu jajanan kaki lima menjadi menu restaurant mewah. Rasanya pun sangat enak saat pertama masuk mulut. Pas banget dilidahku.
Lumpia Bohay

Untuk minuman, aku pun menanyakan minuman andalan selain milkyway. "Apa minuman andalan lain selain milkyway, teh?" kataku kepada waitress. "Irish coffe, black coffe", jawab waitress. Karena aku nggak suka black coffe, aku pun menanyakan irish coffe yang masih asing bagiku. "Irish coffe itu apa?", tanyaku lagi kepada waitress. “Irish coffe itu kopi Irlandia yang enak banget loh”, jawab si waitress. Yaudah deh aku langsung pesan irish coffe karena penasaran dengan rasanya.

Irish coffe pun tiba. Minuman hangat berwarna coklat muda yang disaji dengan cangkir putih memang menggoda. Aku pun langsung meminumnya dengan bismillah. Enak banget emang. Nggak seperti kopi pahit. Saat mencari bahan untuk menulis blog ini, aku pun kepo dengan komposisi Irish coffe. Setelah googling, aku menemukan artikel Wikipedia yang menjelaskan irish coffe.

Sumber: dari Wikipedia

Aku langsung shock begitu melihat komposisi wiski. Berkali-kali aku mengucapkan astaghfirullah dan menyesali ketololanku. Kenapa aku nggak kepo saat masih di café? Kenapa aku mau saja ditawari waitress berjilabab itu Irish coffe? Pelajaran banget deh buat aku. Kalau mau pesan menu itu PERHATIKAN KOMPOSISI MAKANAN. Jangan sampai makanannya mengandung komposisi yang DIRAGUKAN KEHALALANNYA.

Kelebihan Big99 memang dari segi cita rasa yang sangat lezat. Apalagi harganya pun masih bisa terjangkau. Namun, PR untuk Big99 adalah mengurus sertifikasi kehalalannya. Menu sih boleh lezat tapi kalau kehalalannya masih diragukan tentu pelanggan akan berpikir dua kali.

Promo Grand Opening
Big99 Café memiliki harga yang terjangkau. Harga makanan utama (steak, grilled, dll) 30an ribu, appetizer (zupa-zupa, lumpia bohay, salad, dll) antara 7rb sampai 15rb, milkyway big 21rb dan medium 12rb, juice 12rb, squash 10rb – 12rb.

Big99 memberikan promo 30% kepada semua pelanggan dari tanggal 29 Agustus sampai 13 September 2014. Selain itu, jika membeli menu milkyway ukuran Big akan mendapatkan voucher stiker LINE seharga 5*Rp 20.000. Menurutku, semua menu makanannya bisa dinikmati tanpa diragukan kehalalannya. Namun, untuk minuman disarankan memilih milkyway atau juice. *Jika memiliki konflik batin menyicipi irish coffe. *Tapi kalau tidak ragu dengan Irish Coffe, silakan saja dicicipi.
Yuk ke Big99, selagi promo

How to get there?
Big99 Café yang terletak di Jl. Bengawan No. 25. Letaknya berdekatan dengan Papyrus Photo Studio. Tak jauh juga dengan IBCC, Jl. Ahmad Yani.

Dari Dago, aku naik angkot Dipati Ukur – Panghegar dan berhenti di pertigaan jalan seberang IBCC. Dari pertigaan, jalan kaki sekitar 100 meter. Big99 terletak di sebelah kiri jalan.

Big99 Café
Jl. Bengawan No. 25 
Fasilitas: lesehan, live music (weekend), ruang meeting (kapasitas 15 orang)
Buka: 09.00 - 21.00 WIB (weekdays) dan 09.00 - 22.00 WIB (weekend)
Twitter: @big99_cafe

***
KABAR GEMBIRA!
Big99 Café telah membaca artikel ini. Mereka pun juga telah memberikan konfirmasi dan membalas pertanyaanku. Berikut ini jawaban dari pihak Big99 Café :

So, Insya Allah menu  Big99 Café adalah HALAL termasuk Irish coffe. By the way, terima kasih jawabannya Big99 Café. ;))
Reaksi:

6 comments:

  1. Dan aku juga shock ketika googling si irish coffee,,, Duh menyesal kenapa kita tidak cari tahu komposisi nya dulu ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah halal mba Tian :)
      Karena di irish coffee tersebut wiskinya hanya berupa aroma tambahan saja, dan tidak mengandung alkohol sama sekali.

      Delete
    2. Wuah terima kasih atas pencerahannya pak zainal


      Delete
  2. Bandung yak? kirain td Jl. Bengawan di Surabaya hehe...Surabaya kapan yaaaaa

    ReplyDelete