Thursday, August 28, 2014

Pre-opening Pameran Buku Bandung 2014

Thursday, August 28, 2014 Posted by rizka farizal 2 comments
Buku buku buku

Para bookholic pasti suka dengan tumpukan plus aroma buku. Apalagi ada pameran buku. Pasti deh disempet-sempetin ke pameran bukunya. Betul?

Sayangnya tidak semua orang suka membaca buku. Males baca buku teballah. Ngantuklah. Nggak ada waktulah. Apalagi dengan banyaknya media hiburan yang lebih variatif saat ini. Pasti banyak orang yang lebih memilih menonton daripada membaca. Betul?

Nah, melihat kondisi seperti itu Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Barat berencana mengadakan Pameran Buku Bandung 2014 tanggal 29 Agustus – 4 Sepetember 2014 di Landmark Convention Hall, Jl. Braga No.19, Bandung. Pameran Buku akan mengusung tema "Manuju Bandung GILA Membaca dan Menulis (Towards Reading & Writing Society)". Jika membaca temanya sudah pasti bahwa IKAPI Jawa Barat mempunyai visi untuk mengajak warga Bandung tergila-gila dengan membaca dan menulis.

Sebelum pelaksanaan Pameran Buku Bandung, IKAPI Jawa Barat dan Syamil Qur’an mengadakan media & blogger gathering di Sekretariat IKAPI Jabar Jl. Inggit Garnarsih No. 30 C tanggal 18 Agustus 2014. Acara tersebut dihadiri oleh Anwaruddin (ketua IKAPI Jabar), Taofiq Rahman Ahmad (ketua panitia Pameran Buku Bandung 2014), dan panitia Pameran Buku Bandung. 
 
*mohon maaf fotonya miring*

Latar Belakang Pameran Buku Bandung Menurut Anwaruddin, "Tidak semua toko buku mengakomordir karena tidak semua penerbit masuk ke dalam toko buku. Tidak semua penerbit buku pelajaran mampu menerbitkan buku pelajaran dari pemerintah". 
 
"Selain itu, banyak dijumpai buku best seller yang dibajak pembaca. Jumlah buku Bahasa Inggris sedikit karena itu perlu memperbanyak jumlah buku Bahasa Inggris untuk Pameran Buku Frankfrut", tambah Anwaruddin.

Pameran Buku Bandung diharapkan dapat mengukur jumlah masyarakat yang membeli buku, memperoleh rekor MURI, dan ingin menyadarkan masyarakat pentingnya membaca. "Menyadarkan masyarakat untuk membaca buku itu tidak mudah. Masyarakat lebih banyak yang hanya sekedar membeli tapi tidak membaca buku tersebut. Padahal, keuntungan membaca itu tidak untuk penerbit tapi untuk Indonesia", kata Anwaruddin.

Pameran Buku Bandung sudah diadakan dari beberapa tahun yang lalu. Tahun 2013, Pameran Buku Bandung lebih fokus untuk memperbanyak massa sehingga banyak masyarakat yang membeli buku pada pameran. Hal ini terbukti dengan jumlah pengunjung yang mencapai 100 ribu. Tahun 2014, Panitia Pameran Buku Bandung membuat terobosan baru melalui sosial media. "Panitia mempromosikan Pameran Buku Bandung melalui twitter, BBM, dan parade lomba nge-blog selama sepekan", ungkap Taofiq.

Selain sosial media, panitia Pameran Buku Bandung juga melakukan promo offline seperti media gathering, release media, carnival car free day, event pelatihan yang melibatkan siswa SMA, kata Din Syamsuddin sebagai ketua divisi promosi Pameran Buku Bandung.

Pameran Buku Bandung 2014 diikuti oleh puluhan penerbit Indonesia baik penerbit branded maupun penerbit indie. Tak tanggung-tanggung para penerbit memberikan buku berkualitas dengan discount sampai dengan 70%. Peserta pameran pun tidak perlu membeli tiket karena pamerannya GRATIS.

Selain pameran buku juga banyak acara lainnya seperti lomba paduan suara antar ibu-ibu PKK (29/8/14), pelatihan jurnalistik untuk rohis (30/8/14), talkshow dan bedah buku "Ada Surga di Rumahmu" (30/8/14), kopi darat blogger (31/8/14), talkshow dan bedah buku "Apa ini Cinta?" & "Mobil, Bokap, Gue" (31/8/14), lomba menulis 100 cerpen, 100 guru, 100 menit (1/9/14), filatelli (1/9/14), lomba mendongeng (2/9/14), bedah buku "Self Revolution" (2/9/14), pentas kabaret (3/9/14), talkshow "Membangun Bisnis Autopilot" (3/9/14), mengenal robotik & teknik membuat robot (4/9/14), dan bedah buku "The Naked Traveller 5" (4/9/14).

Saat acara media & blogger gathering (18/8/14) juga diadakan launching lomba parade nge-blog untuk semua blogger Indonesia. Lomba blog diadakan selama sepekan yaitu tanggal 25 Agustus – 31 Agustus 2014. Untuk syarat dan ketentuan lomba blog, silakan baca pengumumannya di sini.

So, urang Bandung jangan lupa ke Pameran Buku Bandung 2014 yah!
Reaksi:

2 comments:

  1. Numpang lewat ya gan :)

    http://idr-poker.blogspot.com/

    http://beritaolahraga108.blogspot.com/

    http://lihatberitaakurat.blogspot.com/

    http://liatberitabola.blogspot.com/

    http://beritaolahraga1081.blogspot.com/

    http://infobolakakiterbaru.blogspot.com/

    http://beritasportsterpercaya.blogspot.com/

    http://seputarberitabola108.blogspot.com/

    http://beritaterbaruseputarolahraga.blogspot.com/

    http://agen-bola-sbobet-jagad303.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk informasinya ...
    Jika Anda berminat untuk menerbitkan buku rohani, silakan kunjungi website kami di http://visichristianstore.com/?page_id=5854
    Tuhan memberkati :)

    ReplyDelete