Saturday, April 05, 2014

Tangan di Atas Tak Akan Pernah Turun Tahta

Saturday, April 05, 2014 Posted by rizka farizal 4 comments
Ilustrasi gambar dari sini
Aku tidak pernah menjadi miskin karena memberi. Justru sebaliknya, makin merasa bertambah rejeki, nikmat, dan hadiah. Bukan bermaksud untuk riya, pamer, atau apapun, aku hanya ingin berbagi pengalaman. Semoga siapa saja yang membaca tulisanku bisa mengambil hikmah dari pengalaman yang pernah aku alami.

4 tahun yang lalu, dengan statusku masih mahasiswa S1 tanpa penghasilan apapun aku nyumbang. Aku hanya menggunakan uang tabunganku yang sebenarnya tak banyak. Selang 3 bulan kemudian, berkat rejeki yang tidak disangka-sangka aku diajak keluargaku umroh. Karena nikmat dari Allah, aku bisa menginjakan kaki di jazirah Arab, sholat di depan maqam Nabi Muhammad SAW, mengelilingi Ka’Bah, sholat di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, naik unta, shopping shopping, dan ditutup dengan tour ke Dubai sambil foto fiti di depan Burj Al Arab dan Burj Khalifa. 

6 bulan yang lalu, dengan statusku (masih) mahasiswa S2 dan masih belum menjadi pegawai, aku juga nyumbang. Padahal saat itu tabunganku sangat menipis karena pengeluaran kuliah yang membludak. Tak disangka tak sampai sebulan kemudian aku dapat freelance jadi pengajar anak kurang mampu. Padahal aku tak pernah hunting lowongan freelance loh. Meskipun penghasilan yang aku dapatkan hanya bisa cukup untuk seminggu tapi aku sangat bersyukur. Dan tak disangka belum sampai sebulan kemudian, aku menemukan passionku dengan blogging. Akupun sering mengikuti kontes. Alhamdulillah,meskipun baru dihitung jari ngontes sudah ada hadiah yang aku terima. Bahkan, kontes yang pertama aku ikuti di sini menembus top 3. Wuah lumayan banget hadiahnya bisa nambahin SPP kuliah padahal hanya nulis doank. Dan setelah 5 bulan ngontes, setiap bulannya selalu ada kado mungil yang dikirim kurir ke kosanku. Mulai dari merchandise, buntelan buku bahkan lemari bukuku tak muat lagi menampungnya, voucher, bahkan gadget. 

Aku baru memberi beberapa rupiah saja sudah dibalas dengan berlipat-lipat. Apalagi jika kamu bisa memberi lebih lagi. Mungkin saja selang beberapa waktu kemudian dapat mobil, haji, nambah gaji, atau naik jabatan. Who knows?

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui". (QS 2: 261)

Allah SWT saja sudah menjajikan dengan sebutir benih dibalas 7 bulir yang masing-masing bulirnya memiliki 100 biji. Jangan khawatirlah hartamu akan habis jika memberi. Dan jangan berharap juga dikasih ini dan itu tapi sebelumnya tak pernah memberi. Tangan di atas tak akan pernah turun tahta menjadi tangan di bawah. Karena tangan di atas akan selalu lebih baik daripada tangan di bawah. So, jika sudah punya penghasilan di atas 10 juta tapi ngeluarin duit hanya beberapa puluh ribu rupiah saja keberatan, itu mah namanya ter-lha-lhu!
Reaksi:

4 comments:

  1. Bener nie sobat, dengan memberi kita tidak akan jatuh miskin. Selalu ada rejeki yang tidak kita sangka - sangka sumbernya. Saya juga sudah berkali - kali merasakan kekuatan sedekah ini. hehe

    ReplyDelete
  2. tangan diatas lebih mulia dari pada tangan dibawah. tapi menjadi tangan di atas tidak boleh "RIA atau SOMBONG"

    ReplyDelete