Thursday, April 17, 2014

Pendongeng Dadakan

Thursday, April 17, 2014 Posted by rizka farizal 14 comments

Selain nongkrong di lab hampir tiap hari sambil ngerjain tesis yang belum selesai-selesai, aku juga punya kesibukan lain. Aku juga udah pernah cerita pada posting sebelumnya kalau aku ngajarin anak yang kurang mampu. Aku sangat menikmati kegiatannya. Banyak pelajaran yang bisa didapatkan. Sabar sudah pastilah. Musti pintar bagi waktu dengan tesis sudah jelas. Melatih komunikasi lisan itu juga sudah pasti. Masih banyak lagi sih manfaatnya terutama untuk masa depanku. Sebagai perempuan memang perlu persiapan untuk menjadi seorang ibu. *sudah mikirin ibu saja padahal suami saja belum *huks*

Selama mengajar aku tidak hanya mengajar matematika sesuai tugasku. Tapi sesekali aku juga harus siap diminta adik-adikku kegiatan lain. Aku tidak bisa menolak permintaan adik-adikku untuk mendongeng. Waduh, kenapa tiba-tiba aku jadi lupa ingatan dengan dongeng yang sering aku dapatkan dari ayah, suami tante, dan kakekku dulu. *memang aku lebih banyak mendengarkan dongeng dari para lelaki. Ayahku sering mendongeng tentang cerita rakyat (terutama cerita rakyat Minangkabau seperti Malin Kundang, Sabai Nan Aluih, Legenda Sungai Janiah, dll), suami tante sering mendongeng kisah inspiratif, tokoh fabel (Si Kancil dll), kakek yang biasa aku panggil Abo mendongeng kisah Islam. Banyak sekali dongeng dan cerita yang aku dapatkan dari mereka tapi memang umurku makin menua semua dongeng tersebut sudah lupa. Huaaaa

Namun, beruntungnya tempat aku ngajar itu ada sebuah rumah buku yang banyak koleksi buku anak-anak. Jadinya aku tak mati gaya saat disuruh berdongeng. Hehe.

Kejadian menjadi pendongeng dadakan merupakan pelajaran banget bagiku. Aku musti punya segudang dongeng dibenakku biar kalau disuruh mendongeng lagi sudah ada persiapan. Tak hanya untuk adik-adik yang aku ajar tapi juga untuk sepupu, dan anakku kelak.

Perbekalan Mendongeng
1. Rajin baca buku dongeng dan cerita anak-anak yang inspiratif
2. Browsing cerita baik dari dalam negeri maupun luar negeri
3. Download aplikasi android tentang dongeng dan cerita anak-anak. Sudah ada yang didownload aplikasinya pake bahasa inggris pula
4. Ikut komunitas pendongeng/menghadiri seminar dongeng. Nah, kalau yang ini sulit sih dapat informasinya. Kalau ada pembaca yang tau kasih tau dunk :-)

Cukup sekian deh perbekalannya. Yuk, kita berikan dongeng kepada anak-anak kecil sekarang. Jangan biarkan anak-anak kecil sekarang terlena dengan beragam games dan sosial media. Semoga cerita rakyat dan dongeng inspiratif tetap dikenal anak-anak jaman sekarang.

Reaksi:

14 comments:

  1. setuju, mengenalkan anak dengan dongeng juga termasuk upaya melestarikan dongeng. :)

    ReplyDelete
  2. Dongeng itu sangat bermanfaat bagi anak-anak, karena anak-anak bisa mengambil banyak pelajaran melalui dongeng

    ReplyDelete
  3. Saya juga masih harus banyak referensi cerita dongeng untuk anak2 :-)

    ReplyDelete
  4. aih kak Rizka jadi pendongeng juga... nanti siapa tahu menulis dongeng terus ketemu keenan *korban perahu kertas*
    tapi asik loh jadi story teller.. apalagi kalau mereka antusias terus berbinar-binar.. tapi suka ada jebakan, mereka kadang suka nanya-nanya di luar dongeng kita... hha contoh: buu... kenapa penyihir pake baju hitam terus?

    selamat hari Buku Kak Rizka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. Emang cita-cita sih jadi penulis dongeng
      btw, selamat menempuh hidup baru pitaaa. Asek yg suaminya sesama blogger. Klop banget deh

      Delete
  5. bagus membacakan dongeng buat anak atau adik kecil.

    ReplyDelete
  6. kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, barangkali berminat saya punya banyak vcd pembelajaran untuk anak2, siapa tau anda mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga
      *mulai lirik koleksinya

      Delete
  7. berkunjung di rabu pagi yang cerah, salam persahabatan

    ReplyDelete