Wednesday, April 09, 2014

Mendapat Keoptimisan dari Tukang Sol Sepatu

Wednesday, April 09, 2014 Posted by rizka farizal 4 comments
Suatu kali aku mengesol sandal yang telah jebol kepada bapak tukang sol sepatu yang lewat depan kosan. Sembari menunggu sandal dipermak, aku mengobrol dengan bapaknya. Bapaknya menceritakan keluarga dan anak-anaknya. Beliau juga bertanya aku itu berasal darimana. "Bukittinggi" jawabku. "Wuah bapak pernah dulu jualan keliling lampu hias di Padang beberapa tahun yang lalu" sahut bapaknya. Kamipun makin lanjut bercerita.

Sampai suatu kali bapaknya menanyakan sesuatu kepadaku "saat ini masih kuliah ya?". Aku jawab "iya Pak, lagi S2". Bapaknya langsung menyahut "wuah enak yah bisa kuliah sampai S2, nanti abis kuliah langsung kerja donk?". "hehe, iya Pak. Tapi gak tau juga bakal ada orang yang mau memperkerjakan aku atau gak. Kan cari kerja sulit", jawabku dengan nada pesimis. "Masa sih gak ada yang mau memperkerjakan. Kan sudah kuliah tinggi-tinggi", kata bapak tukang sol sepatu dengan optimis.

Aku memang orang yang sangat pesimis. Di saat teman-temanku sudah bekerja di perusahaan bonafit dengan gaji fantastis, lah aku masih saja merengek kepada keluarga minta uang tiap bulan. Aku selalu merasa diriku ini mahkluk yang tidak mempunyai kelebihan sama sekali. Tidak bisa ini, tidak bisa itu. Bahkan banyak kerabatku yang sering menganggap remeh aku. Kurang inilah, kurang itulah. Musti belajar inilah, belajar itulah.

Akan tetapi, aku justru mendapat semangat dari seorang bapak tukang sol sepatu yang belum pernah aku kenali sebelumnya. Betul kata bapak tukang sol sepatu. Rejeki itu akan ada untuk setiap orang yang berusaha. Aku telah belajar sampai jenjang pendidikan sekarang ini. Masa sih tidak ada pelajaran yang bisa aku petik selama ini? Tak ada ilmu yang sia-sia. Karena semua ilmu itu bermanfaat untuk orang lain. Aku bersyukur mendapatkan ilmu pada bidang yang aku jalani saat ini. Meskipun aku tidak menyukai bidangnya karena bukan passion tapi ilmu yang aku pelajari saat ini merupakan ilmu yang memperlihatkan kekuasaan Allah. Aku tau tentang penciptaan bumi, isi dalam bumi, pergerakan bumi, sumber energi, dan juga bencana yang mungkin terjadi pada bumi. 

"Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat". (QS. 58 : 11 )

Terima kasih atas keoptimisannya, bapak tukang sol sepatu. Semoga bapak diberikan kelimpahan rejeki oleh Allah. Aamiin.
Reaksi:

4 comments:

  1. Jasa yg baik :)
    Maav ga nyambung -_-
    Jangan lupa kunbalnya ya :)

    Farhan Blog : http://anggarafd.blogspot.com
    Farhan Tips : http://anggarafd.wordpress.com

    ReplyDelete