Thursday, April 10, 2014

Memanfaatkan Jari Ungu

Thursday, April 10, 2014 Posted by rizka farizal 12 comments
Kemarin adalah pesta demokrasi Indonesia PEMILU 2014. Setelah ragu mau coblos atau golput, akhirnya aku memutuskan untuk coblos. Karena dipikir-pikir golput itu bukan solusi efektif untuk kemajuan negara. Bahkan banyak ruginya. Kasian saja dengan pemerintah sudah keluarin dana ratusan triliun kemudian banyak surat suara dibuang ke tong sampah karena tidak digunakan penduduknya. *ikutin tagline WWF Indonesia #IngatLingkungan. 

Hari-hari sebelumnya sempat beredar di jejaring sosial bahwa penduduk rantau yang tidak memiliki surat A5 masih bisa coblos. Tinggal datang ke TPS jam 7-9 pagi dan laporkan ke panitia KPPS lalu balik lagi ke TPS jam 12 sambil nunjukin KTP. Kemudian coblos deh pilihan yang sesuai dengan hati nurani. Alhasil, aku yang tidak sempat mengurus surat A5 pergi ke TPS jam 7 pagi. Bahkan, bapak kosan sempat heran karena semangat bingits ke TPS pagi-pagi. Sampai TPS, ternyata petugasnya bilang tidak perlu melapor dan datang saja jam 12.00. Akupun akhirnya pulang. Huhu padahal sudah mandi pagi ke TPS nya, gak, ujung-ujungnya disuruh ke TPS jam 12.

Selama menunggu jam 12.00, aku membuka sosial media. Ternyata banyak keluhan di sosial media bahwasanya penduduk rantau yang tidak punya surat A5 tetap tidak bisa coblos. Akupun jadi linglung. Waduh, males juga ke TPS jam 12.00 kalau ujung-ujungnya gak dibolehin coblos.

Akhirnya aku nekat jam 12.00 ke TPS dekat kosan. Petugas TPS membolehkan aku coblos. Anehnya lagi, kan lokasi TPS dekat kosanku ada 4. Keempat TPS tersebut terletak dalam satu lokasi cuma beda sekat dinding saja, tapi antrian paling banyak untuk yang tidak memiliki surat A5 hanya TPS aku saja donk. Bahkan petugas TPS berkali-kali menyuruh orang-orang yang masih mengantri untuk pindah ke TPS sebelah tapi tetep saja mereka gak mau ke TPS sebelah. Entahlah, apa mungkin gak semua TPS membolehkan penduduk rantau yang tidak memiliki surat A5 untuk mencoblos? I don’t know.

Orang yang mengantri jam 12.00 semuanya mahasiswa yang tidak memiliki surat A5. Maklumlah lingkungan tempat tinggalku mayoritas mahasiswa yang tinggal di kosan. Antriannya pun cukup lama. Di samping orangnya banyak, petugasnya pun kewalahan mengisi formulir catatan orang yang dianggap "spesial" ini. Sampai ibu petugasnya ngomel "makanya besok urus dululah surat A5 biar gak antri panjang". Hukhuk

Namaku pun akhirnya dipanggil. Sempat bingung saat membuka surat suara terutama surat pemilihan anggota DPD yang isinya foto semua calon anggota legislatif tanpa partai. Karena aku pernah liat foto salah satu calonnya beberapa hari yang lalu, jadinya aku pilih orang itu saja. Usai coblos aku pun langsung celupin tinta ungu. #pamerjariungu

Pulang dari TPS, aku buka sosial media lagi (anak gaul socmed nih). Banyak bingits kontes selfie pamer jari ungu di twitter. Duh, aku kan orangnya gak suka kontes narsis. Jadinya gak ikutan deh. Salah seorang temanku juga ada yang membuat status tentang pesta discount 1 hari hanya menunjukkan jari ungu.

Akupun langsung menuju BIP dan mengunjungi store starbucks. Sudah terlihat beberapa orang yang mengantri di sana. Tak lama mengantri tiba-tiba pelayannya mengatakan bahwa menu gratisannya sudah habis. Padahal baru buka jam 13.00, masa jam 13.15 sudah habis saja dunk. Sedikit bingits persediannya. Hiks

Belum rejeki dengan starbucks, akupun menuju matahari. Aku memang berencana ingin membeli pakaian baru. Sudah lamaaaaa bingits aku gak shopping beli baju sampai bajuku itu lagi itu lagi. Setelah pilih barang, aku pun ke cashier. Rejeki emang sedang berpihak kepadaku. Tinggal nunjukin jari ungu aku dapet double discount. Hihihi.

Setelah ke BIP aku ke ciwalk. Seharian kemarin berhedonisasi. Hihi. Aku ingin membeli baskin robbins yang kataya ada buy 1 get 1. Ternyata pas ke sana ada ketentuan hanya untuk pengguna indosat. Yah aku kan bukan pengguna indosat. Ya sudah belum rejeki lagi. Setelah puas shopping di ciwalk, aku pun pulang. Sebelum pulang, aku singgah ke store the little thing she needs (TLTSN) yang katanya juga ada buy 1 get 1. Waktu datang ke sana, tinggal pilih barang saja sih. Tapi tapi karena seharian kemarin sudah menghabiskan banyak uang dengan shopping di matahari dan tempat lain akhirnya mengurungkan niat belanja sepatu di TLTSN. Lagian sepatu aku masih banyak yang bagus, jarang dipake, dan masih dibungkus dalam kotak rak sepatu sih.

Yippiyyy, aku senang sekali bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi Indonesia. Selain bisa menyalurkan aspirasi juga dapet discount belanja. Hihihi. Buat yang kemarin golput jangan nyesel yah. Kamu harus bisa menerima keputusan hasil PEMILU untuk 5 tahun mendatang. Gak boleh ngomel-ngomel kalo pemerintahan 5 tahun mendatang gak sesuai dengan hatimu. Salam Indonesia Satu.
Reaksi:

12 comments:

  1. unfortunatetly, aku harus golput mbak, karena lagi sakit dan harus bedrest sedangkan nyoblosnya harus pulkam dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah cepet sembuh ya mba
      moga pas pemilu capres bsok gak golput lagi mba

      Delete
  2. nyoblos iya, shopping iya...sip makk...smua diskonan kayaknya dihajar habis ya mak hehe

    ReplyDelete
  3. Banyak orang menganggap golput itu keren. Meskipun anak rantau tapi tetep nyoblos, keren sekali mbak.
    Wah ternyata kemarin banyak diskonan ya! Sebagai anak gaul Bandung, aku ngerasa gagal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak discount mas
      pukpuk belum rejeki mas
      moga pemilu capres bsok gak gagal deh

      Delete
  4. Nyoblos juga membawa rezeki ya sob

    ReplyDelete
  5. hadeuh...kesianan banget anak kos kosan, nyoblosnya di negeri orang bukannya dikampung sendiri...kecian deh.

    ngomongin BIP, jadi inget masa kuliah...tempat narsis dan tebar pesona, soalnya cuman BIP yang paling keren...sekarang mah udah ketinggalan ya BIP teh.

    ReplyDelete
  6. aku nyoblos caleg perempuan tapi yang kelihatan enggak menor kalo dandan (biar ga korup buat beli makeup dan perawatan wajah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga tuh yang gak menor dandannya
      btw aku juga coblos perempuan loh

      Delete
  7. cieeeeee cieeeeee :D
    yang nyoblos... :D :D

    ReplyDelete