Sunday, April 06, 2014

#FirstMoment : Jualan via FJB

Sunday, April 06, 2014 Posted by rizka farizal 11 comments
Kemaren lusa, aku berhasrat ingin menjual sebuah gadget. Awalnya aku ingin menjualnya ke BEC, sebuah mall khusus elektronik di Bandung. Sebelum menjualnya, aku googling dulu tentang sistem penjualan gadget di BEC. Ternyata hasil googling banyak yang membuatku untuk mengurungkan niat menjualnya di sana. Bisa baca tulisan dari forum tersebut di sini. Akupun juga membaca komen-komen yang ada dalam thread tersebut. Banyak yang menyarankan jika ingin menjual gadget, yah di FJB (Forum Jual Beli) Ka*k*s aja. Akupun berpikir ulang "ntar kalau pembelinya di luar Bandung kan repot musti paketin barang".

Aku pun langsung teringat dengan adikku yang belum lama ini menjual barang-barang kosannya via FJB di kampusnya. Maklum setau aku (atau emang aku kuper barangkali yah) di kampusku tak ada FJB. Ya sudah akhirnya aku minta tolong adikku mem-publish informasi tentang barang yang mau dijual. 

Jam 12, adikku publish dan jam 12.30 sudah ada yang menghubungi aku donk. Dan beberapa saat kemudian makin banyak yang menghubungi aku. Kaget saja ternyata banyak peminat barangku. Hmm, mungkin karena barangnya masih baru barangkali yah. Setelah tawar menawar barang, aku pun langsung setuju kepada orang yang bisa membelinya dengan harga yang lebih mahal.

Please, jangan seperti aku...

Aku langsung menyetujui orang yang ingin membeli barang dengan kelebihan harga sedikit. Padahal kan aku bisa saja sok jual mahal dulu sampai menunggu seharian orang-orang nanya barang aku. At least kan dapat untung yang lebih banyak.

Please, jangan seperti aku...

Saat beberapa orang yang mau beli barang aku menjumpai kata-kata yang tak asing bagiku. "Sis, nanti malam cod yah?" Apapula itu istilah cod? Ternyata setelah nanya adikku, cod artinya si calon pembeli mau melihat barang dan sudah dipastikan akan membeli barang yang dijual. Oalah ketauan banget deh anak baru FJB.

Please, seperti aku (*mihihi kegeeran)...

Saat banyak orang yang menanyakan barang yang dijual dan menghubungi berkali-kali bahkan tak cocok dengan harganya, sebagai penjual haruslah membalas setiap pertanyaan mereka. Ntar dibilang sombong loh sama si pembeli. Trus, kalau sudah ada yang mau cod duluan dan ada orang yang mau membeli dengan harga lebih mustinya tetap pegang janji dengan orang yang mau cod duluan. Makanya jangan langsung buru-buru cod kepada seseorang agar kalau ada orang lain yang mau bayar lebih kitanya jadi tak nyesel.

Please, seperti aku (*mihihi kegeeran lagi)...

Kalau ada yang mau cod, pilihlah tempat yang dekat dengan tempat tinggal. Supaya tak perlu ribet pergi ke tempat yang jauh. Mihihi, bilang saja mager perginya.

Please, seperti aku (*ini mah sudah tak kegeeran lagi namanya)...

Pastiin sebelumnya pembeli ingin membayar uang dengan cash atau transfer. Nah, kalau ada yang mau transfer langsung dicek rekeningnya.

Begitulah pengalaman pertamaku berjualan via FJB. Dan menurutku jualan via FJB itu menyenangkan karena tak perlu repot-repot ke toko dan barang yang mau ditawarkan pun bisa dibayar lebih mahal daripada dijual di toko. Selagi teknologi online berkembang, lebih baik dimanfaatkan donk. :))
Reaksi:

11 comments:

  1. Waah pengalaman yang sangat mantap.. wah jadi pingin coba jual nih saya ,, hehe

    ReplyDelete
  2. Hmm, kalo mau jual gadget via tokobagus atau berniaga juga bisa tuh sis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia bro
      Klo jual di toko bagus males paketin barangnya

      Delete
  3. Biar bagaimanapun pengalaman itu sangat berharga ya met.aku blm pengalaman jd penjual onlen.kl beli sering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu juga sering beli via online shop. hehe

      Delete
  4. Replies
    1. Cobain aja mak
      Ini pilihan alternatif apalagi kalau jualan barangnya sebiji doank :))

      Delete
  5. Walah punya kaskus juga nih? punya saya: kaskus.co.id/profile/5611612

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pake kaskus klo yg ini mas
      tapi FJB di kampus adekku

      Delete
  6. Fjb nya kampus ap kak?
    syaratny hrs mhsswa kmps itu g kak?
    Pengen ngejualin brg juga nih

    ReplyDelete