Wednesday, January 01, 2014

Nano Nano 2013

Wednesday, January 01, 2014 Posted by rizka farizal 2 comments
Kalender 2013 sudah berganti dengan kalender 2014. For me, 2013 is complicated. Bisa dibilang rasanya seperti nano nano. Yup, ada manis, pahit, asam, asinnya.

MANIS

Setiap manusia pasti diberikan kenikmatan manis oleh Tuhan. Demikian juga denganku. Aku bersyukur masih diberikan “sesuatu” oleh Tuhan. Inilah kenangan manisku selama 2013:

Pertama, bulan Januari pertama kali bikin blog. Dunia blogging yang sebelumnya tidak pernah dilirik berubah menjadi passionku. Padahal aku sangat hectic dengan tesis. Tapi masih sempetnya ngeblog. Saking sukanya dengan dunia blogging, aku berternak 3 domain blog. Aku juga joint ke beberapa komunitas blogger sejak bulan September. Aku mengenal komunitas blogger dengan modal googling. Gak ada tuh temanku yang mempromosikan komunitas blog ke aku. Sejak joint dengan komunitas blogger, aku makin semangat ngeblog. Aku juga baru tau loh ada lomba blog dan giveaway. Katrok banget yah? Hihihi. Awalnya aku gak pede ikutan karena saingannya jago-jago. Aku kan masih anak bawang. Mengingat harga bawang sekarang mahal, aku jadi pede ikutan beberapa giveaway dan lomba blog yang diadakan instansi ternama. Alhamdulillah, sejak bulan September selalu ada kejutan setiap bulannya. Whatever-lah jadi pemenang apapun, yang penting dapat hadiah. Bagi mahasiswa sepertiku, hadiah apapun itu sudah cukup membuat happy.

Kedua, meskipun masih mahasiswa, aku bisa menyisihkan uang tabungan dengan traveling sebanyak 3X. Januari, ke Padang yang merupakan kampung halamanku tercinta bersama teman-teman. Maret, ke Bali. Mei, ke Green Canyon. Sebenarnya Desember mau ke Batam. Tapi daya tiket promo gak jadi digunakan.

Ketiga, bulan September menjadi pengajar untuk anak kurang mampu. Alhamdulillah, mimpiku terwujud. Aku menjadi pengajar matematika untuk anak TK-SMP kelas 1. Aku gak peduli jumlah honor mengajarnya. Membuat adik-adik paham dan mengerti seputar matematika sudah cukup bagiku.

PAHIT

Bukannya kurang bersyukur, tapi 2013 itu masih banyak resolusi yang belum kesampaian. Aku gak sedih. Aku yakin resolusiku akan terwujud, berharapnya tahun 2014. Aku yakin Tuhan itu Maha Baik kepada setiap umatnya. Resolusiku yang belum terwujud bukan berarti Tuhan benci denganku. Bahkan sebaliknya, Tuhan sangat sayang denganku. Tuhan masih ingin mendengar doa dalam setiap ibadahku. Well, inilah resolusiku yang belum terwujud tahun 2013:

Pertama, belum lulus kuliah. Aku tidak berhasil memenuhi janji ibuku untuk lulus 1.5 tahun program magister. Alhasil, aku harus menambah 1 semester lagi. Meskipun, aku lulus semester ini 2 tahun dan masih tergolong tepat waktu, aku tetap bersalah dengan ibuku. Ibuku harus membayar SPP satu semester lagi. Maafkan aku Ibu.

Kedua, belum dapat pekerjaan yang mapan. Boro-boro dapat pekerjaan yang mapan, lulus kuliah saja belum, bagaimana bisa melamar kerja? Loh bukannya dengan bermodalkan ijazah sarjana harusnya sudah bisa melamar pekerjaan? Iya sih. Tapi jadi dosen minimal magister euy. Hmm, tapi gak tau juga kalau tetiba akunya berubah pikiran ingin jadi pegawai. hihihi.

Ketiga, belum married. Meskipun, tidak menargetkan nikah tahun 2013. Tapi, seumuranku sudah seharusnya married. Terkadang aku mupeng liat foto nikah dan dedek bayi yang diunduh di media sosial.

ASAM

Ceritanya akhir Mei hingga awal Juni, aku mengikuti field trip bersama teman seangkatan. Sebenarnya program field trip tidak perlu dilakukan untuk mahasiswa magister yang sebelumnya sudah pernah mengikuti field trip saat sarjana pada kampusku. Karena kurikulum baru, aku dan teman seangkatanku terpaksa mengikuti kuliah tersebut. Kami terpaksa membayar kuliah field trip yang harganya 3.5X lipat dari harga saat sarjana dulu. Kamipun membujuk dosen wali supaya tidak mengikuti field trip. Namun, permintaan kami tidak dikabulkan. Kami terpaksa mengikuti field trip. Hari pertama field trip persis banget dengan hari pertama field trip saat sarjana dulu. Fiuh, capek euy buat laporan sambil berjalan di tengah teriknya cuaca lapangan. Hari kedua sampai terakhir pergi ke tempat yang berbeda. Kami berkeliling Jawa Tengah dan Jawa Timur. Badan pegel seharian di bus. Sebelum pulang, Kami harus mengumpulkan makalah. Beberapa hari Kami begadang mengolah data dan mengetik sampai makalah tersebut selesai. Peristiwa yang membuat jengkel adalah saat aku dan teman perempuanku tidak dibelikan tiket KA balik ke Bandung. Sementara semua teman lelakiku sudah dibelikan. Dalam seangkatan hanya ada 2 orang perempuan tapi gak pada nyadar. Padahal teman perempuanku itu PJ keuangan yang menyimpan uang keperluan selama field trip. Aku dan teman perempuanku sudah sibuk mencari informasi jadwal KA. Anehnya teman lelaki dan dosenku tidak berusaha mencarikan tiket KA. Aku dan teman perempuanku yang biasanya gak pernah marah dihadapan orang lain, akhirnya meluapkan emosi kepada teman lelaki. Sejak saat itu, aku sangat waspada dengan teman lelaki. Pada akhir semester, aku juga kecewa dengan nilai field trip. Nilainya persis dengan nilai saat sarjana. Padahal, aku sudah mengerjakan makalah dengan maksimal.

ASIN

Sejak bulan September, aku sering mengikuti beberapa lomba blog dan giveaway. Walaupun, tiap bulan selalu ada kejutan. Tapi tiap bulan juga ada kekecewaan. Kalah menang itu memang biasa. Namun, ada beberapa lomba blog dan giveaway yang mengecewakanku. Pernah lomba blog yang aku ikuti memberikan informasi hadiahnya bahwa mereka akan memberikan fasilitas kepada pemenang yang masuk 50 besar. Sayangnya, saat pengumuman mereka tidak memenuhi janjinya. 50 besar berubah menjadi 26 besar. Banyak peserta complaint. Pihak penyelenggarapun akhirnya memberikan alasan. Menurut mereka, jumlah 50 besar yang pernah ditulis sebelumnya tidak baku karena mereka mempunyai kendala dana. Hmm, kalau ada kendala dana jangan mengiming-imingi pesertanya donk. Pernah juga aku menang giveaway. Namun, setelah 2 bulan bahkan 3 bulan, aku belum dapat hadiahnya. Padahal sudah beberapa kali aku bertanya kepada penyelanggaranya. Hmm, yasudah belum rejeki akunya berarti.

Demikianlah pengalaman nano nano yang berkesan pada tahun 2013. Ini ceritaku, apa ceritamu?
Reaksi:

2 comments:

  1. Selamat tahun baru, semoga tahun ini lebih membawa banyak rejeki. Keep blogging!

    ReplyDelete