Monday, October 28, 2013

Bahaya Sotoi

Monday, October 28, 2013 Posted by rizka farizal 12 comments
SOTOI (SOk TaO tentang Ilmu)

Pernah gak sih kamu menjumpai orang yang Sotoi?
Atau
Pernah gak sih kamu merasa menjadi orang yang Sotoi?

Bagaimana tanggapanmu tentang sifat Sotoi tersebut?

Sejujurnya, Saya pernah menjumpai orang yang sotoi dan pernah juga merasa sotoi. Hal itu tidak bisa dipungkiri dengan mudahnya mendapatkan informasi terkini. Kadang-kadang informasi tersebut memang sesuai dengan fakta dan ilmunya. Tapi, kadang-kadang informasi tersebut hanya sekedar gosip dan tidak ada ilmunya. Oleh karena itu, Kita harus mencermati informasi yang sesuai dengan faktanya dan mengkaji ilmu atau referensinya agar tidak dianggap Sotoi.

Jika Kita melihat media elektronik, media cetak, dan buku-buku yang ada saat ini, maka tidak semuanya benar. Bahkan, seorang ilmuwan/ustadz/wartawan yang ahli dibidangnya juga belum tentu benar memberikan ilmu yang semestinya. Maklumlah, mereka semua juga manusia. Mereka juga mempunyai khilaf. Namun, sebagai manusia sebaiknya perlu memberikan informasi atau ilmu yang benar dan tidak Sotoi. Karena Sotoi itu memberikan banyak dampak negatif. Adapun dampak negatif dari sotoi adalah:

  1. Merupakan dosa tertinggi
  2. Haram
  3. Tidak mendapat Rahmat dan Keberkahan dari Allah
  4. Merupakan sikap mendahului Allah dan Rasul-Nya
  5. Gagal mendapat pahala dari Allah
  6. Sulit dikabulkan do'a oleh Allah
  7. Tergolong Riya
  8. Tergolong ghibah
  9. Tergolong dusta dan munafik
  10. Berteman dengan syaitan
  11. Termasuk perilaku menyimpang
  12. Dapat menyesatkan orang lain
  13. Menanggung dosa orang yang disesatkan
  14. Menimbulkan pertentangan dengan orang lain
  15. Tidak dipercaya orang lain
  16. Dihujat orang lain
  17. Merusak hati dan pikiran
  18. Hidup tidak tenang
  19. Sikap yang hanya mengikuti hawa nafsu
  20. Tanggungjawabnya besar di dunia dan akhirat
  21. Menyelisihi jalan Ahlussunnah wal Jama'ah

Sebenarnya masih banyak dampak negatif dari Sotoi (orang menyebarkan informasi & ilmu tanpa ilmu yang benar). Oleh karena itu, semua manusia perlu menghindari Sotoi. Lebih baik diam daripada sotoi. Karena Diam itu emas.
Reaksi:

12 comments:

  1. makanya jangan sotoi jadi orang. hehehe

    salam kenal ya ??

    ReplyDelete
  2. Biasanya orang2 itu sotoi pake y, sotoy. Artikel bagus mak :)

    ReplyDelete
  3. kalau aku paling sebel sama orang sotoi. Orang sotoi biasanya ngeyel dan menjengkelkan.

    ReplyDelete
  4. OOT,
    ikutan grup KEB / warung blogger di FB kan ? Biasanya kalau ada acara di Bandung suka di umumin di sana. Langsung ikut nimbrung aja :D

    Salam kenalya ...

    ReplyDelete
  5. @mas apotek, punya apotek yah? (lah malah akunya sotoi). salam kenal juga mas
    @mak lusi, iya biasanya pake y jadi sotoy. tapi aku maksain aja pake i karena pengen menyampaikan maksudnya yaitu sok tau tp gak ada ilmu
    @makwebsitemini, sama aku juga sebel dg org sotoi
    @mak dey, aku gabung KEB dan warung blogger, tapi sering telat tau info kopdar dan kumpul2nya

    ReplyDelete
  6. Makanya jangan sotoi, sotoi itu banyak bahayanya wkwkwkw

    ReplyDelete
  7. menjawab pertanyaan sahabat tentang cara cari uang di facebook. Saya sendiri nggak bisa marketing sob. Saya cuma menekan tombol share facebook aja lewat control panel. Tidak perlu jago marketing kan?

    ReplyDelete
  8. Setuju mbak, lebih baik tanya daripada nyamber, sotoy, trus salah hehe, atau diam sekalian

    ReplyDelete
  9. wwkwk dah kayak soal ujian aja list dampak negatif nya

    ReplyDelete
  10. salam kenaaaal mak...toss...paling sebel ama orang sotoi "D....yah, geregetan aja yaah kalau udah begitu...mudah-mudahan kita diberi kesabaran untuk menghadapi yang model begini yaa mak :D...cheers...

    ReplyDelete
  11. @AeArc, hehe orang melankolis memang suka list sesuatu mas.
    @indah, toss mak. Semoga kita sabar menghadapi orang Sotoi. Dan kita sendiri tidak jauh dari sifat sotoi. Salam kenal juga mak.

    ReplyDelete