Wednesday, September 04, 2013

Perhatikan Hijabmu

Wednesday, September 04, 2013 Posted by rizka farizal 11 comments
Hari ini, 4 September merupakan hari hijab sedunia (World Hijab Day). Berbicara tentang hari hijab sedunia, aku teringat ketika aku masih kuliah S1 dulu. Ketika itu teman-teman muslimah yang biasanya tidak menggunakan hijab di prodiku, mereka menggunakan hijab pada hari hijab sedunia. Saat itu, hampir semua orang prodi merasa “aneh”. Baik itu dosen, pegawai TU, maupun teman cowo. Saat teman-teman muslimahku pergi ke TU, ada pegawai TU yang nanya.

Pegawai TU: ini kenapa cewe muslimah pake hijab semua?
Temanku yg tidak biasa pake hijab: kan katanya hari ini adalah hari hijab sedunia
Pegawai TU: ah, mana ada hari hijab sedunia???
(Ada tau hari hijab sedunia. Bagi yang belum tau ada hari hijab sedunia ini linknya Asal Mula Hijab Sedunia Sejak Kapan Hari Hijab Sedunia Diperingati?).

Pada tahun berikutnya, muslimah di fakultas aku mengadakan acara hari hijab sedunia lagi. Acaranya adalah bagi-bagi hijab. Kita meminta infaq kepada teman-teman sefakultas. Hasil dari infaq tersebut digunakan untuk membeli hijab kepada teman muslimah yang belum memakai hijab. Hal yang mengejutkan adalah kurang dari setahun sejak acara bagi-bagi hijab itu, banyak teman fakultas yang menggunakan hijab untuk seterusnya. Alhamdulillah, ternyata banyak hatinya yang sudah dipanggil Allah SWT. Memang menggunakan hijab itu tidak boleh dipaksakan. Banyak diantara muslimah yang beralasan “hijabin dulu hatinya, kalau hatinya sudah dihijab baru deh pake hijab”. Alasan itu mah sudah klasik. Kalau Allah sudah memanggil hati kita, nantinya kita juga bakalan berhijab tanpa memikirkan alasan ini dan itu.

Beberapa tahun ini, hijab sudah bukan style yang kuno bagi para muslimah. Banyak muslimah yang sekarang memakai hijab baik dari kalangan artis maupun yang bukan artis. Hijab dan model pakaian hijab menjadi laris manis di boutique hijab. Banyak desainer hijab bermunculan. Aku termasuk orang yang mengikuti perkembangan hijab style. Aku suka model pakaian para desainer hijabers sekarang. Unyu unyu dan fresh. Pokoknya stylish abis deh. Namun, banyak juga diantara model pakaian muslimah itu yang terlalu berlebihan. Para hijaberspun juga banyak yang memakai hijabnya berlebihan dan tidak syar’i lagi. Tau kan segala akhlak muslimah yang berhijab itu disorot orang lain? Ini beberapa model yang tidak syar’I tersebut:

Berhijab Punuk unta


Ya ampuun hijabnya tinggi banget, sudah seperti menara masjid aja

Berhijab menyerupai biarawati


Berhijab tapi kok anggota tubuhnya kelihatan


Pernah seorang teman muslimahku majang profpict tapi lengannya kelihatan. Kemudian dia ditegur oleh temanku yang cowo. 

Cowo: Mba tolong lengannya itu?
Muslimah: hahaha sengaja mas
Cowo: prinsipku jangan setengah-setengah. Klo gak mau sekalian aja gak pake hijab (Terus nunjukin foto artis yang gak pake hijab)
Muslimah: hahaha oke bro

FYI, temen cowo aku itu jauh dari alim loh. Dia aja berani negur kenapa kita yang tau diam saja?

Berhijab tapi tidak nutupin dada

Sumber: google.com

Kamu bisa saja stylish tapi hijabnya dijulurinlah dong sampai ke dada. Jangan salah, ini bisa mengundang nafsu syahwat lawan jenis loh.

Berhijab tapi transparan
Kalau pakaian kamu transparan, kan bisa didobel pakaiannya.

Berhijab tapi kok akhlaknya jelek (merokok dan bermesraan di tempat umum)

Nah, ini yang perlu digarisbawahi bahwa hijab dan akhlak itu adalah dua hal yang berbeda. Berhijab itu adalah murni perintah Allah, wajib untuk muslimah yang telah baligh tanpa memandang akhlaknya baik atau buruk. Sedangkan akhlak adalah budi pekerti yang bergantung pada pribadi masing-masing. Jika seorang wanita berhijab melakukan dosa atau pelanggaran. Itu bukan karena hijabnya namun karena akhlaknya. Yang berhijab belum tentu berakhlah mulia, namun yang berakhlah mulia pasti berhijab. (@QueenSharia, 2013)

Nah, kalau masih mau berhijab stylish tapi syar’i ini ada contohnya


Sumber: kartun muslimah

So, sadarlah wahai hijaber, berhijablah secara syar'i bukan hanya mengikuti trend masa kini. Bagi para muslimah di seluruh dunia, semoga terbuka hatinya untuk berhijab karena itu adalah kewajiban. Bagi para hijabers style, perhatikan hijabmu!!! Marilah kita berubah secara bertahap agar hijab style masih tergolong syar’i. Mohon maaf apabila ada kata-kataku yang salah. Aku juga bukan orang yang baik seperti malaikat. Aku juga banyak dosa. Sebagaimana diketahui bahwa sesama muslim itu harus saling mengingatkan ke jalan yang lurus. Tulisan ini juga merupakan refleksi bagi diri aku sendiri yang juga menyukai hijab style. Apakah style hijabku sudah syar’i atau belum?

Selamat hari hijab sedunia hijabers
Reaksi:

11 comments:

  1. selamat hari hijab sedunia :D
    semoga hijab kita di dunia menyelamatkan kita di akhirat, ukht ^__^

    ReplyDelete
  2. selamat hari hijab sedunia :)

    ReplyDelete
  3. Wah aku baru tahu kalo ada hari Hijab sedunia,,,,,

    ReplyDelete
  4. gulunganpita: aamiin ukhti. moga kita selamat dunia akhirat
    fi: makasih fi. salam kenal yah
    mas irfan: iya ada mas hari hijab sedunia

    ReplyDelete
  5. Gambarnya kekecilaaan.. Hehe..
    Selamat hari hijab sedunia,.. *baru tau juga

    ReplyDelete
  6. siap mbak nanti gambarnya dibesarin deh :)
    salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
  7. Semoga senantiasa memperbaiki hijab. Aamiin...
    Terutama kaos kaki, belum istiqomah. Hehe

    ReplyDelete
  8. Iya mbak anita
    kita sama-sama memperbaiki diri. hehe

    ReplyDelete
  9. selamat hari hijab sedunia, maaf ngucapinnya telat.. hehehe.. Ehmm alhamdulillah sekarang wanita berhijab di Indonesia sudah smakin banyak dan birokrasi sudah mempermudah hal tersebut.. Walaopun ya semakin banyak juga yg lebih memperhatikan mode hijab ketimbang kesyar'ian nya, smoga cara berhijab muslimah dimanapun semakin syar'i amiiin
    *Mba, sy sebenarnya agak kurang setuju kalo hijabnya dimasukkan ke dalam jaket atau pake tas punggung di belakang trus hijabnya ditimpa, coba deh lihat, dari samping, bagian dadanya terlihat berbentuk..
    maaf kalau tidak sependapat.. :)
    terimakasih sudah berbagi.. :)

    ReplyDelete
  10. Hmmm, bener juga mbak riski
    Pendapatnya bisa diterima kok :)

    ReplyDelete