Monday, September 16, 2013

Obat Mujarab Perlindungan Kesehatan Keluarga

Monday, September 16, 2013 Posted by rizka farizal 3 comments
Kesehatan itu sangat penting. Kesehatan merupakan nikmat Tuhan yang paling berharga. Karena dengan nikmat kesehatan itulah kita semua dapat beraktivitas dengan normal dan dapat menikmati hidup ini. Kesehatan juga dibutuhkan untuk menunjang pembangunan negara. Karena jika manusianya sehat maka dia akan bisa bekerja efektif untuk memajukan pembangunan negara. 

Kesehatan itu akan terasa mahal ketika kita sakit. Apalagi di zaman sekarang ini banyak penyakit yang terjangkit pada diri manusia. Rumah sakit semakin rame dengan pasien yang sering memeriksakan kesehatannya. Ruang kamar inap sering dijumpai penuh oleh pasien-pasien. Penyakit yang diderita makin aneh dan penyakit itu tidak hanya diderita oleh orang lanjut usia tapi juga oleh anak remaja bahkan balita. Diantara penyakit tersebut adalah kolesterol, asam urat, stroke, gagal ginjal, kanker, lupus, dan penyakit lainnya yang dulunya belum familiar. Gaya hidup, polusi, dan jenis makanan yang mengandung bahan kimia pada saat ini menjadi faktor utama kemungkinan timbulnya penyakit tersebut.

10 Besar Penyakit Terfatal Berdasarkan Case Fatality Rate (CFR) pada awal Rawat Inap Rumah Sakit Tahun 2009&2010
Sumber: Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI yang disadur dari Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Tahun 2010-2011

Memiliki keluarga yang sehat adalah impian setiap keluarga. Karena itu, setiap keluarga perlu melindungi kesehatan keluarganya masing-masing. Seperti diketahui bahwa sakit itu bisa disembuhkan dengan obat. Apa salahnya kita sendiri yang meracik obat itu agar keluarga kita sehat? Obat mujarab untuk menghindari sakit itu ada pada diri kita sendiri. Apabila kita selalu menjalankan pola hidup sehat maka kecil harapan kita untuk sakit. Untuk menjalankan hidup sehat itu tidak mudah bagi setiap orang. Dibutuhkan banyak langkah yang tepat. Langkah-langkah tersebut harus dibiasakan bagi setiap anggota keluarga meskipun terkadang pahit. Sama halnya dengan obat. Obat itu pahit tapi kita harus menelannya agar sehat. 

Adapun langkah yang tepat sebagai obat mujarab perlindungan kesehatan keluarga adalah sebagai berikut:

Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Sumber: blog setia1heri

Sebelum melindungi orang lain kita harus menjaga diri kita sendiri. Caranya adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi secara teratur dan mengindari makanan yang mengandung bahan kimia. Minum air putih 1.5 liter per hari agar metabolisme tubuh tetap terpelihara baik. Istirahat yang cukup supaya daya tahan tubuh kuat. Olahraga yang teratur untuk menjaga kekebalan tubuh. Mengkonsumsi suplemen secara teratur baik itu suplemen yang telah diolah menjadi bentuk obat-obatan maupun suplemen alami dari tumbuh-tumbuhan. Menjauhkan keluarga dari obat-obatan terlarang, minuman keras, dan pergaulan bebas. Karena kebiasaan ini akan dapat menimbulkan penyakit HIV/AIDS yang obatnya masih langka sekarang ini.

Selain itu, janganlah merokok karena merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Kata-kata tersebut selalu ada di setiap bungkus rokok tapi kata-kata tersebut hanya diacuhkan bagi beberapa orang. Kebiasaan merokok juga tidak hanya bagi orang dewasa tapi anak-anak yang masih ingusanpun sudah banyak yang merokok. Berikut tabel pemakai rokok dari usia 5 sampai >30 tahun.


Trend Usia Merokok
Sumber: Direktorat PPTM, P2PL Kementerian Kesehatan RI berdasarkan data SUSENAS 2011 dan Riskesdas 2010

Menjaga lingkungan yang bersih dan sehat


Lingkungan merupakan faktor pendukung kesehatan keluarga. Kita harus menjaga kebersihan di semua sudut tempat tinggal, memperbaiki sirkulasi udara, membiarkan sinar matahari masuk ke rumah, menghindari pakaian yang menumpuk, menanam tanaman obat-obatan, merawat binatang peliharaan kalau punya, dan melakukan program 3M (menguras air, menutup tempat pembuangan air dan sampah, serta mengubur barang bekas). Supaya terhindar dari bakteri, virus, dan bibit penyakit lainnya.

Berinvestasi

Masa depan itu misteri. Tidak ada manusiapun yang dapat mengetahui kehidupannya kelak. Karena itu kita perlu mempersiapkan diri untuk meminimalisir sesuatu yang menyangkut kesehatan keluarga. Bayangkan apabila salah satu keluarga kita tiba-tiba sakit dan harus dirawat sementara kita tidak mempunyai keuangan yang cukup. Tidak mungkinkan kita rela mengorbankan keluarga kita sendiri? Tidak mau jugakan mempunyai hutang yang banyak? Untuk itu kita perlu investasi. Ada dua cara investasi untuk perlindungan kesehatan keluarga yaitu dengan menabung setiap bulannya atau dengan membayar premi asuransi setiap bulannya. Diantara kedua cara tersebut, asuransi merupakan solusi yang tepat. Kenapa? Alasannya jika kita dalam menjalankan misi untuk menabung dan tiba-tiba ada anggota keluarga yang sakit, maka tabungan yang sudah susah payah ditabung tersebut mungkin akan habis. Sedangkan jika kita memiliki asuransi dan tiba-tiba ada anggota keluarga yang sakit, maka tabungan kita masih tetap utuh karena sudah dibayarkan pihak asuransi. 

Asuransi tidak hanya bermanfaat untuk investasi tapi juga untuk proteksi. Kenapa? Karena asuransi dapat melindungi keluarga apabila ada nasabah yang menderita penyakit kritis sejak tahap awal. Beberapa perusahaan asuransi ada yang menfasilitasi nasabahnya mulai dari hanya konsultasi dokter sampai dengan penggantian perawatan yang dilakukan untuk membantu kesembuhan atau manajemen penyakit tertanggung. Asuransi juga bermanfaat apabila nasabah perlu dirawat jalan, rawat inap, maupun perawatan gigi. Nasabah yang dirawat akan ditanggung perusahaan asuransi untuk biaya kamar, biaya konsultasi dokter, biaya obat, biaya laboratorium, biaya persalinan, biaya perawatan gigi, maupun biaya pemasangan gigi palsu. Bahkan, ada beberapa Rumah Sakit yang sering memprioritaskan pasien yang mempunyai asuransi. Misalnya apabila ada pasien yang akan dibedah maka pihak Rumah Sakit pasti akan memprioritaskan orang yang mempunyai asuransi. Alasannya untuk prepare apabila ada resiko yang akan terjadi. Jadi, setiap anggota keluarga perlu menjadi nasabah asuransi untuk proteksi keluarga.

Nah, sekarang ini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produknya masing-masing. Namun, kita harus pintar memilih asuransi yang menguntungkan bagi keluarga. Kita juga harus perhatikan kondisi keuangan keluarga karena terkadang besarnya premi tidak sesuai dengan kondisi keluarga. Kita juga harus mempelajari cara pembayaran dan proses klaim asuransi tersebut. 

Perusahaan asuransi kesehatan yang bisa menjadi pilihan keluarga adalah Sun Life Financial. Perusahaan yang memiliki slogan Life’s brighter under the sun memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah: 

1. Sun Life Financial memiliki track record yang bagus. Perusahaan yang didirikan tahun 1865 ini telah melayani jutaan konsumen dari seluruh dunia. Perusahaan ini memiliki kantor cabang di beberapa negara yaitu Amerika Serikat, Canada, Bermuda, Inggris, Irlandia, India, China, Hongkong, Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Di Indonesia, perusahaan ini memiliki lebih dari 50 kantor pemasaran di 30 kota. Perusahaan ini juga memiliki banyak pestasi diantaranya adalah peraih penghargaan bronze Stevie® pada 11th Annual American Business Awards, peringkat pertama asuransi di Filipina pada tanggal 31 Desember 2012, salah satu dari 100 besar perusahaan terbaik di seluruh dunia, juara pertama kategori The Best Risk Management Islamic Life Insurance dengan aset di bawah Rp 100 miliar dan juara ketiga untuk kategori The Best Islamic Life Insurance dengan aset di bawah Rp 100 miliar di Indonesia. 

Sumber: www.sunlife.com

2. Sun Life Financial mempunyai produk-produk yang bermanfaat bagi nasabahnya diantaranya adalah:

Sun Medicash. Produk ini merupakan asuransi kesehatan yang menggunakan dana tunai. Manfaat dari produk ini adalah apabila nasabah sudah memiliki polis asuransi rawat inap sebelumnya tapi dananya belum mencukupi, maka produk ini dapat mengembalikan premi sebesar 50%. Apabila pada tahun ke-8 nasabah selalu sehat dan tidak menginginkan asuransi, maka produk ini dapat mengembalikan dana yang telah disimpan sebelumnya sebanyak 50%. Manfaat lainnya adalah untuk perawatan intensif (ICU), nasabah akan diberikan dua kali santunan dana tunai. Apabila terjadi kematian, maka akan diberikan 10 kali santunan dana tunai.

Waiver of Premium – Critical Illness Rider (WP-CIR). Produk ini merupakan asuransi yang digunakan untuk penyakit kritis yang datang tidak terduga. Jumlah penyakit kritis yang dapat ditanggung dari produk ini ada 40 jenis penyakit. Beberapa diantaranya adalah penyakit jantung, kanker, gagal ginjal, hepatitis. Manfaat dari produk ini adalah nasabah akan diberi kebebasan membayar Premi PAB + PIB. Apabila pemilik Polis didiagnosa menderita salah satu dari 40 penyakit sebelum mencapai usia 65 tahun, maka Premi akan dibebaskan sampai pemilik Polis berusia 65 sampai 88 tahun dengan masa pembebasan premi yang dipilih.

Sun Golden Life. Produk ini merupakan asuransi khusus untuk nasabah yang membutuhkan perlindungan jangka pendek. Manfaat dari produk ini adalah apabila nasabah meninggal dunia maka akan diberikan 100% uang pertanggungan, asuransi kecelakaan sebesar Rp 50 juta, premi pajak sebesar 50% pembayaran premi perpanjangan, pengembalian 20% premi tahunan jika polis tidak diperpanjang, tidak perlu melakukan pemeriksaan gratis, dan bebas memilih cara pembayaran premi yaitu bulanan, triwulan, semesteran, dan tahunan.

Hospital Income & Surgical Rider (HISR). Produk ini merupakan asuransi apabila ada keluarga nasabah yang dirawat di Rumah Sakit. Manfaat dari produk ini adalah lebih fleksibel menentukan besarnya santunan rawat inap harian dan nasabah juga diberi kebebasan memilih Rumah Sakit yang diinginkan. Untuk pembedahan akan disesuaikan dengan jenis bedah yang dilakukan (complex, major, intermediate, atau minor).

3. Sun Life Financial memiliki customer service yang baik. Perusahaan asuransi yang memiliki fasilitas customer service yang baik dan memiliki layanan selama 24 jam akan sangat menguntungkan bagi nasabah. Hal itu, sudah dimiliki oleh Sun Life Financial. Perusahaan ini berhasil mendapatkan penghargaan Call Center Service Excellence Award (CCSEA) di Indonesia pada awal tahun 2013 untuk kategori industri asuransi jiwa dan kesehatan. Perusahaan ini berhasil mendapatkan skor CCSEI sebesar 85.438 dan mendapatkan nilai excellence.


Jadi, perlindungan kesehatan keluarga itu penting. Kita akan menyadari bahwa kesehatan itu mahal ketika sakit. Saat sakit, kita butuh obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit. Obat mujarab itu ada pada keyakinan kita sendiri untuk mencegah penyakit tersebut. Jagalah kesehatan sendiri dan lingkungan sekitar, serta pilihlah asuransi yang tepat untuk investasi dan proteksi keluargamu. Be smart to prevent a disease!!!

“Orang yang bisa menyembuhkan penyakit mungkin saja orang yang berbakat. Tapi orang yang bisa mencegah penyakit itu adalah orang yang lebih hebat.”

Referensi:
Pusat Data dan Informasi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2012. Penyakit Tidak Menular. (Semester II, 2012). Jakarta: Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan
http://www.sunlife.co.id

SUN LIFE, PERLINDUNGAN KESEHATAN, ASURANSI KESEHATAN KELUARGA
Reaksi:

3 comments: