Thursday, September 26, 2013

Kisah Seorang Blogger Amatiran

Thursday, September 26, 2013 Posted by rizka farizal 2 comments

Kisah ini adalah kisah nyata seorang penulis blogger amatiran yang bernama Kika.

Sebenarnya Kika sudah tahu tentang dunia blogger sejak 5 tahun yang lalu. Saat itu, Kika mengikuti organisasi kemahasiswaan di kampusnya. Ketua divisi dari organisasi tersebut menganjurkan setiap anggotanya memiliki blogger. Akan tetapi, Kika yang orangnya gaptek dengan dunia blogger masih tetap saja ngeyel tidak membuat blog. Alasannya, Kika tidak mengerti cara mengedit tulisan, mengganti template blog, tidak ada ide untuk menulis, dan sebagainya.

Di kampus, Kika mempunya teman-teman akrab yang selalu berbagi cerita. Karena sering bercerita itu, Kika pun tahu teman-temannya sudah banyak yang mempunyai blog. Teman-teman Kika pun memperkenalkan blognya masing-masing. Kika hanya bisa speechless melihat blog teman-temannya dengan template yang unyu-unyu dan tulisan yang inspiring. Tapi, tetap Kika masih belum mempunyai blog. Alasannya tetap sama yaitu tidak mengerti cara mengedit tulisan, mengganti template blog, tidak ada ide untuk menulis, dan sebagainya.

Waktupun berlalu, entah kenapa Kika yang dulunya kekeuh tidak akan membuat blog, tiba-tiba mendapat hasrat untuk membuat blog. Kika akhirnya menyadari bahwa manusia itu hidupnya hanya sementara dan suatu saat akan wafat. Kika ingin supaya tetap dikenang orang lain meskipun dia telah tiada. Salah satu cara yang dapat membuat orang lain mengenang seseorang meskipun telah wafat adalah “tulisan”. Seperti kata Pramoedya Ananta Toer: “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”

Tanggal 10 Januari 2013, Kika berniat akan menulis di dunia blogger. Kika sadar tulisannya melalui media blog yang bersifat publik ini akan berguna untuk orang lain. Saat itu, Kika hanya berkonsentrasi menyajikan tulisan yang bermanfaat. Kika tidak peduli template blog yang hanya ala kadarnya. Menurut Kika tulisan yang bermanfaat itu adalah segalanya dibandingkan bentuk template.

Kika meresmikan blognya tepat di saat hari ulang tahunnya yaitu tanggal 27 Januari 2013. Saat itu, Kika hanya memperkenalkan blognya kepada teman-teman dekatnya. Kika memilih tema “My Life is Everything” karena memang tulisannya everything. Tulisan blog Kika membahas tentang kuliah, traveling, sinopsis, kuliner, opini, dan kebiasan sehari-hari yang menarik untuk dibahas.

Menurut Kika media blogger itu lebih menyenangkan dibandingan media sosial lainnya seperti twitter, facebook, path, dan instagram. Media blogger itu lebih leluasa untuk menulis. Tidak ada batasan jumlah huruf yang digunakan. Tidak ada batasan jumlah foto yang akan dideskripsikan. Blogger is unlimited.

Setelah delapan bulan eksis di dunia blog, Kika pun menganggap blogger sebagai “passion. Kika pun menargetkan setiap bulannya minimal harus menulis tiga tulisan. Kika sering membaca blog teman dekatnya. Namun, lama-lama Kika pun bosan dengan tulisan temannya yang jarang menambahkan tulisan. Kika pun mencari komunitas blogger via google. Akhirnya, Kika pun bergabung dengan beberapa komunitas blogger. Kika pun menyadari bahwa dia adalah seorang blogger amatiran dengan tulisan yang hanya biasa saja dan template seadanya. Kika sering minder dengan penulis di komunitas blogger. Menurut Kika, penulis komunitas blogger itu banyak yang keren. Ada seorang Nenek yang telah berumur lebih 70 tahun tapi masih eksis di dunia blogger. Tulisannya pun menginspirasi dengan menggunakan bahasa anak muda jaman sekarang. Apabila tidak melihat profil orangnya mungkin kita bisa percaya bahwa yang menulis itu anak remaja. Ada lagi seorang anak SMP yang eksis di dunia blog. Anak tersebut sudah menerbitkan sebuah buku yang telah dijual di toko buku sekelas togamas dan gramedia. Ada lagi seorang perempuan yang berprofesi sebagai penyiar radio tapi dia selalu eksis menulis setiap harinya. Bahkan, setiap hari Dia bisa menulis lebih dari satu tulisan. Dia menulis sesuai dengan bulan kalender. Misalnya, Bulan Agustus merupakan bulan kedelapan maka setiap bulan Agustus Dia menulis delapan topik setiap harinya. Speechless. Kika saja dalam sehari sulit menemukan ide tulisan.

Setelah bergabung di komunitas blogger, Kika mengetahui beberapa istilah di dunia blogger contohnya BW, GA, dan Kopdar. Kika juga tahu info lomba blog dan giveaway yang sering diadakan untuk para blogger. Kika pun mencoba berpartisipasi mengikuti beberapa lomba. Walaupun, belum ada yang menang tapi Kika tetap enjoy. Namanya juga amatiran dan masih banyak yang perlu dipelajari. Kika juga sering memberikan link tulisan terbarunya via grup facebook di komunitas blogger. Karena itu, tulisannya sering dikomentari padahal sebelumnya tidak ada yang mengomentari semua tulisan Kika. Kika juga pernah memberikan link tulisannya via twitter tapi karena Kika yang tidak familiar dan masih amatiran, link tulisan tersebut tidak pernah di Retweet adminnya. Sebenarnya, Kika tidak berharap di Retweet tapi Kika hanya berharap tulisannya berguna bagi orang lain. FYI, tulisan Kika yang sudah sekitar 8 bulan ini ada yang sudah dilihat lebih dari 600 orang. Padahal, tulisan Kika tersebut tidak pernah di-share via media apapun. 



Seiring berjalannya waktu, Kika yang dulunya tidak bisa mengedit template, tidak mengerti cara memberikan link pada foto GA, tidak mengerti cara joint blog orang lain sekarang semuanya itu sudah bisa. Walaupun, masih terkendala cara mengedit kolom komentar supaya bisa berubah satu persatu menjadi komentar-balas-komentar-balas tapi setidaknya Kika sudah bisa memuaskan orang lain yang berkunjung ke blognya. Setidaknya gak jelek amatlah tampilan blognya. Hehe. 

Saat ini, blogger adalah dunia kedua Kika. Dunia pertama Kika masih tetap kuliah dan tesis. Menurut Kika sebulan tanpa menulis blog itu berasa ada yang kurang. Kika pun selalu mencuri-curi waktu supaya bisa menghasilkan tulisan setiap bulannya. Meskipun masih amatiran tapi Kika berpendapat bahwa menulis itu tidak mengenal usia. Gak masalah sekarang menjadi amatir apabila selalu dilatih suatu saat tentu akan menjadi professional. Ibarat besi yang selalu diasah lama kelamaan akan menjadi pisau yang berguna bagi banyak orang. 

Menulis di dunia blogger itu memiliki banyak arti sendiri bagi beberapa orang. Namun, menurut Kika seorang blogger itu perlu memperhatikan hal sebagai berikut:

Menulis dengan Hati yang Ikhlas

Menulis dengan hati yang ikhlas akan mendapatkan kepuasan tersendiri bagi penulisnya. Menulis dengan ikhlas akan berbeda rasanya dengan menulis yang hanya ingin memenangkan suatu lomba blog atau GA. Apabila tidak menang maka Dia akan sangat kecewa. Alangkah baiknya suatu lomba menulis itu dilakukan dengan hati dan berusaha ikhlas menerima hasil pengumumannya. Lomba menulis itu bersifat subjektif. Lomba menulis itu tidak seperti lomba matematika yang hasilnya pasti. 2+2 itu tidak akan selalu 4. Tulisan itu adalah opini seseorang yang dapat menimbulkan pro dan kontra bagi pembacanya. Apabila tulisannya disukai (pro) jurinya dan tulisannya sesuai dengan kriteria lombanya maka si penulis itu akan menang. Namun, apabila tulisan itu tidak disukai (kontra) juri dan tidak memenuhi kriteria maka dia akan kalah. 

Membuat Tulisan yang Menginspirasi dan Berguna untuk Orang Banyak

Seperti kata Kika sebelumnya bahwa tulisan itu abadi. Tulisan itu tidak akan lenyap meskipun kita telah tiada. Tulisan yang bisa menginspirasi banyak orang tentu akan selalu dikenang dan dibaca orang lain. Contohnya: Buya Hamka. Sampai saat ini orang masih suka dengan novelnya bahkan novelnya yang berjudul Di bawah Lindungan Ka’bah dan Tenggelamnya Kapal Van der Wijck dibuatkan film oleh produser jaman sekarang. Bagi dunia blogger, adakah yang kenal dengan Bunda Inong dan penulis Enigma? Mereka itu telah tiada tapi sampai sekarang kita masih bisa blogwalking tulisannya.

Timbul pertanyaan: mencari ide tulisan yang bisa menginspirasi banyak orang itu sulit kan? Karena saya biasanya menulis di blog hanya sekedar curhat dengan tulisan ala kadarnya. Jangan salah! Tulisan yang isinya hanya biasa saja itu terkadang bisa menginspirasi banyak orang. Kita bisa merujuk novel Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata. Kalau kita cermati tulisannya itu hanya kisah hidup penulis sendiri sewaktu masih kecil. Namun, banyak hal yang bisa dipelajari dari kisah hidupnya. Semangat beliau sewaktu kecil untuk bersekolah itu sangat menginspirasi banyak orang.

Menjadikan Blogger sebagai Kebutuhan

Menjadikan blogger sebagai kebutuhan akan membuat kita terus eksis di dunia blogger. Sepadat apapun jadwal kegiatan kalau blogger sudah menjadi kebutuhan pasti akan ada waktu nge-blog. Trus, bagaimana menjadikan blogger tersebut sebagai kebutuhan? Bagaimana caranya supaya bisa tetap eksis di dunia blogger? Gak susah kok. Berikut ini tips dari Kika supaya bisa eksis di dunia blogger:

1. Kumpulkan Ide

Ide itu bisa muncul dari hal yang paling sepele sampai hal yang spektakuler. Contoh ide sepele adalah menceritakan kehidupan selama sehari/seminggu/sebulan. Setiap saat pasti ada momen yang bisa diceritakan misalnya ketika berangkat sekolah/kerja kita akan menemui pengamen, polisi, mobil, pohon-pohon, pedagang, sopir angkot, macet, dan sebagainya. Kita bisa menceritakan kisah pengamen yang pantang menyerah di saat panas terik. Kita juga bisa menceritakan penyebab macetnya jalan. Sedangkan ide spektakuler contohnya membuat cerpen, membuat naskah film, membuat inovasi teknologi, menemukan obat untuk penyakit tertentu, dan sebagainya.

Ide bisa muncul dari hasil blogwalking, membaca buku, menonton tv, dan traveling. Tapi ide juga bisa muncul dengan tiba-tiba. Karena itu, kita juga harus sigap mencatat ide yang tiba-tiba tersebut. Berarti kita harus selalu bawa laptop kemana-mana donk? Tidak. Kita bisa mencatat pada notebook yang mini, memo pada handphone/gadget, membuat status via facebook atau twitter. Setelah itu, kita bisa menuliskannya via blog.

2. Management Waktu

Seringkali alasan waktu menjadi penghambat keeksisan orang nge-blog. Oke, tiap hari selalu sibuk bahkan tidurpun hanya beberapa jam saja. Oke, dalam seminggu gak ada waktu senggang karena sedang dikejar deadline. Oke, sebulan di daerah remote area tanpa ada signal untuk nge-blog. Oke, baru ada waktu off setelah 6 minggu kerja. Nah, itu ada waktu off kan setelah 6 minggu. Daripada hanya hibernasi atau hedon setelah 6 minggu kerja lebih baik menyisihkan waktu sejam, dua jam, sampai tiga jam untuk nge-blog kan? Orang yang menjadikan blogger sebagai kebutuhan pasti dia akan mempunyai waktu khusus untuk nge-blog meskipun waktunya itu sedikit. Dia bisa mencuri-curi waktu menjelang tidur atau sebelum berangkat sekolah/kerja.

3. Persiapkan Jaringan Internet

Ide sudah ada, waktu luangpun juga ada, tapi akses untuk internet tidak mendukung bagaimana? Hal itu tidak menjadi alasan untuk eksis di dunia blogger. Memang fasilitas internet di Indonesia ketinggalan dari negara maju. Tapi, fasilitas internet itu sudah luas. Apabila internet di rumah mati, kita bisa pergi ke warnet. Hmm, tapi serem kan malam-malam ke warnet? Oke, kan masih bisa menggunakan aplikasi blog via gadget dan HP. Tapi saya gak punya gadget dan HP saya masih jadul bagaimana donk? Oke, besok pagi saja ke warnetnya. Tapi besok saya sibuk dari pagi hingga malam? Oke, besok lusa. Tapi tapi tapi… Orang yang menganggap blogger sebagai kebutuhan pasti tidak akan ada alasan apapun baginya. Dia pasti akan mencari jalan lain supaya bisa mengakses internet.

Demikianlah, Kisah Kika seorang penulis blogger amatiran. Semoga kisahnya dapat menginspirasi orang lain. Jika boleh mengutip kata Imam Al-Gazhali, maka Kika memang bukan seorang anak raja dan dia juga bukan seorang anak ulama besar. Karena itulah lebih baik menjadi penulis yang akan selalu dikenang banyak orang.
Reaksi:

2 comments:

  1. 8 tahun? Luar biasa. Makasih partisipasinya ya Kika ^^

    ReplyDelete