Sunday, September 22, 2013

Janganlah Mengeluh!

Sunday, September 22, 2013 Posted by rizka farizal 4 comments
Mengeluh memang wajar bagi manusia. Namun, apabila frekuensi mengeluh itu sudah berlebih, ada baiknya dihindari sifat mengeluh tersebut. Karena mengeluh memiliki dampak negatif bagi manusia. Adapun dampak negatifnya adalah:
  1. Mengeluh mengindikasikan seseorang yang tidak bersyukur. Padahal Tuhan telah memberikan Nikmat-Nya yang jumlahnya tak terhitung kepada manusia. Coba pikirkan apabila nikmat tersebut diambil Tuhan?
  2. Menurut penelitian University College London (UCL) yang dipimpin Prof. Andrew Steptoe bahwa mengeluh dapat merusak kesehatan. Orang yang mengeluh dan kurang menikmati hidup biasanya berusia tiga kali lebih pendek. Sedangkan orang yang bisa menikmati hidupnya cenderung hidup lebih lama, yaitu hingga 9-10 tahun kedepan, dibandingkan mereka yang sering mengeluh.
  3. Mengeluh akan menimbulkan sikap sinis yang sangat skeptis dan pesimis terhadap semua realitas, pengalaman hidup, dan penderitaan yang dirasakan. Sehingga, akan menimbulkan stress dan depresi.

Untuk meminimalisir sifat mengeluh tersebut, marilah berkaca kepada orang lain yang memiliki kekurangan. Kepada para pengeluh, cobalah renungkan pernyataan berikut ini:
  1. Ketika Anda mengucapkan perkataan yang tidak baik, pikirkan seseorang yang tidak dapat berbicara sama sekali
  2. Ketika Anda mengeluh makanan yang disantap, pikirkan seseorang yang hanya untuk makan sekali dalam sehari saja bagi mereka itu sangat sulit
  3. Ketika Anda mengeluh tentang hidup Anda, pikirkan seseorang yang hanya diberi umur pendek
  4. Ketika Anda mengeluh tidak mempunyai apa-apa, pikirkan orang lain yang meminta-minta
  5. Ketika Anda mengeluh pekerjaan Anda, pikirkan pengangguran atau orang-orang cacat yang berharap mereka mempunyai pekerjaan seperti Anda.
  6. Ketika Anda mengeluh tugas sekolah/kuliah Anda, pikirkan seseorang yang tidak mampu membiayai sekolah
  7. Ketika Anda mengeluh rumah Anda yang tidak dibersihkan pembantu, pikirkan tentang seseorang yang tidak mempunyai tempat tinggal
  8. Ketika Anda mengeluh mobil Anda atau jauhnya Anda telah menyetir, pikirkan pejalan kaki yang menempuh jarak yang sama dengan berjalan.
  9. Ketika Anda mengeluh komputer atau laptop Anda loading-nya lama, pikirkan seseorang yang tidak mempunyai komputer/laptop sama sekali.
  10. Ketika Anda mengeluh jaringan internet yang dipakai lemot, pikirkan seseorang yang tinggal di pelosok yang tidak mendapatkan jaringan internet dan sulit mendapatkan signal provider apapun.
  11. Ketika Anda mengeluh suami/istri, pikirkan seseorang yang masih belum memiliki pendamping hidup.
  12. Ketika Anda mengeluh kelakuan anak, pikirkan seseorang yang sudah bertahun-tahun menikah tapi masih belum dikaruniai anak

Karena itu, jauhilah sifat mengeluh dan hadapilah hidup dengan bersyukur terhadap semua nikmat yang telah diberikan Tuhan.

Reaksi:

4 comments:

  1. Post kali ini menegur saya untuk tidak selalu mengeluh,,,
    Nice post :)

    ReplyDelete
  2. insyaAlloh dg melihat ke bawah kita bisa bersyukur ya mbak ^_^

    ReplyDelete
  3. mengeluh mencederai optimisme yah.. nice post anyway, salam kenal.

    ReplyDelete
  4. @mas irfan, iya teguran juga utk saya supaya tidak keseringan mengeluh
    @mas topics, iya kalo sering melihat ke bawah, kita baru menyadari diri kita masih beruntung dg banyaknya nikmat yg diberikan Allah
    @mas rizky, makasih. Salam kenal juga. Btw, nama kita kembaran loh. Saya Riza

    ReplyDelete