Tuesday, August 27, 2013

Manusia yang terdesak

Tuesday, August 27, 2013 Posted by rizka farizal 5 comments

Setiap manusia memiliki kondisi terdesak yangmana biasanya saat itu manusia akan memiliki sifat over pressure untuk menyelesaikan tujuannya. (over pressure lagi over pressure lagi). Dalam kondisi terdesak, manusia bisa mengeluarkan kekuatan luar biasa yang tak bisa diduga sebelumnya. Kekuatan tersebut hampir tidak mungkin bisa dilakukannnya dalam kondisi normal. Tak jarang, manusia merasa takjub dengan kemampuannya sendiri, karena secara tiba-tiba bisa melakukan sesuatu yang sebenarnya jauh dari kemampuannya. Contohnya: manusia bisa berlari dua kali lebih cepat saat dikejar sesuatu yang membuatnya takut (dikejar anjing, maling, atau apapun itu), manusia bisa mengangkat beban berat saat panik (aku pernah merasakannya di saat osjur yaitu berjalan sehari semalem dg membawa carrier yang bebannya mungkin lebih berat dari aku), manusia bisa melompat bangunan yang lebih tinggi dari tinggi badannya, manusia bisa tiba-tiba mendapat ide cemerlang saat detik-detik terakhir ujian. Hayooo, pernah kan merasakannya?

Kebanyakan manusia memang akan mengeluarkan seluruh energinya pada saat terdesak dengan deadline pekerjaan tertentu. Contohnya: seorang mahasiswa mengerjakan tugasnya sebelum deadline pengumpulan tugasnya. Seorang pekerja lembur sebelum deadline meeting. 

Sebagian besar manusia memang akan lebih rajin di saat sebelum “terjepit” agar targetnya tercapai atau mungkin juga berharap diberikan apresiasi oleh orang lain. Namun, semua itu jauh lebih baik daripada manusia yang meskipun telah diberi deadline namun tetap saja bermalas-malasan dan selalu menunda-nunda pekerjaan. Seperti kata Mario Teguh “orang yang terdesak selalu lebih hebat daripada yang malas dan suka menunda”.

Akan tetapi, pepatah yang mengatakan “biar lambat asal selamat” itu juga ada benarnya. Mungkin ada seorang manusia yang telat mengerjakan pekerjannya sampai batas deadline tertentu, namun hasilnya jauh lebih bagus dibanding manusia yang mengumpulkan sebelum deadline. Memang terkadang hasil pekerjaan manusia yang terburu-buru di saat terdesak sering berantakan dan banyak yang keliru. Nah, berarti lebih baik yang kerjanya telat dunk.

Kerja cepat & hasil jelek vs kerja lambat & hasil bagus

Manakah yang lebih baik???

Jawabannya kerja cepat & hasil bagus. Hahaha

Meskipun demikian, seseorang yang bekerja hanya di saat terdesaklah, seseorang yang bekerja lambat sampai waktu deadline-nya molorlah. Semua itu masih lebih baik dibanding orang yang tidak ada usaha sama sekali. Tiap hari bermalas-malasan. Hadeuh, mau jadi apa itu orang? 

Mari kita hilangkan sikap bermalas-malasan dan menunda-nunda supaya kita menjadi orang yang hebat dan sukses. Aamiin.
Reaksi:

5 comments:

  1. Saya salah satu yang sering seperti itu.. Mungkin karna emang saya malas! Tapi toh pada akhirnya saya tetep akan berusaha untuk mengerjakan apa yang harusnya saya kerjakan..

    Iya itu tadi udah terdesak baru dikerjain.. Tapi gak jarang malah tetep bisa juga kok lebih bagus hasilnya ketimbang yang ngerjainnya dari awal atau gak terdesak..

    Intinya kembali ke diri masing2 aja kali yaa.. :-D
    Salam Kenal Mbak..

    ReplyDelete
  2. Saya salah satu orang yang kalo terdesak, langsung bisa ngeluarin kemampuan. Misal ngerjain tugas, mepet deadline, langsung deh ide-ide keluar semua...

    ReplyDelete
  3. hihihi.. kebiasaan saya itu mah.. semoga saya bisa jadi lebih baik amiiiin...

    ReplyDelete
  4. mas johanes: makasih
    pak chaidir: salam kenal juga
    mbak pake tulisan asia timur: hehe semangat mbak. salam kenal
    mbak rini: aamin moga bisa lebih baik. salam kenal mbak

    ReplyDelete