Sunday, August 18, 2013

Cita-cita yang Tidak Mungkin Terwujud

Sunday, August 18, 2013 Posted by rizka farizal No comments
Waktu jaman sekolah SD, SMP, SMA, aku bercita-cita ingin menjadi Paskibraka di Istana Negara. Tapi boro boro jadi Paskibraka tingkat nasional, tingkat sekolahpun aku tidak pernah merasakannya. Padahal keluargaku juga ingin suatu saat nanti aku menjadi Paskibraka dan muncul di tv. Karena sepupu ibuku ada yang pernah menjadi Paskibraka di Istana Negara. Saat itu, Presidennya adalah alm Bapak Soeharto.

Saat upacara bendera di SD, aku biasanya main pianika. Jangankan ikut audisi, mengajukan diri untuk jadi paskibra aja gak pernah. Waktu jaman SD itu, yang jadi paskibra adalah anak guru olahragaku.

Saat SMP itu memang ada audisi. Tapi yang ikut audisi adalah anak Pramuka. Aku gak ikut Pramuka karena sudah terlanjur ikut PMR. Bisa aja seh aku ikut keduanya Pramuka dan PMR. Tapi latihan Pramuka dan PMR itu tiap minggu. Pagi itu latihan Pramuka sedangkan siang latihan PMR. Kalau aku ikut keduanya, yah dari pagi-sore aku latihan. Tentu saja ortu gak mengizinkan. Karena mereka sangat mewantiku untuk mengutamakan akademik dibandingkan kegiatan ekstrakurikuler.

Ketika aku dalam Masa Orientasi Sekolah SMA itu ada acara baris-berbaris. Hari terakhir itu ada pendaftaran untuk menjadi paskibra tingkat kotamadya. Sebenarnya aku ingin mengikutinya. Tapi saat itu ada aturan untuk peserta perempuan yaitu harus melepaskan kerudung. What??? Sudah jelas aku memilih untuk tidak mendaftar. Padahal, dua tahun setelah seleksi kotamadya yaitu tahun 2005. Pemegang baki Paskibraka di Istana Negara itu berasal dari Aceh dan dia memakai kerudung saat menjadi Paskibraka.

Seperti halnya tingkat SMP, tingkat SMA pun setiap upacara aku menjadi paduan suara. Agak bosen karena aku gak terlalu menyukainya. Aku merasa suaraku gak selaras dengan teman-temanku yang lain di grup paduan suara. Saat SMA itu, paskibra dipilih oleh guruku langsung. Tidak ada audisi sebelumnya.

Hmmm, yasudahlah mungkin aku memang tidak bisa mewujudkan cita-citaku menjadi tim Paskibraka. Tapi setidaknya ada keluarga ibuku yang menjadi Pakibraka. Dan semoga saja nanti anaku ada yang menjadi Paskibraka. Aamiin
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment