Friday, May 17, 2013

Penderitaan Muslimah yang Tidak Bisa Shaum Penuh di Bulan Ramadhan

Friday, May 17, 2013 Posted by rizka farizal No comments
 Sumber: Komik Muslimah

Wahai para muslim dan ikhwan (it’s the same as) janganlah kau berpikir jika ada muslimah yang berhalangan shaum di saat Ramadhan itu menyenangkan. Anda salah besar bung… 

Mau tau penderitaan kami sebagai kaum muslimah yang berhalangan shaum di saat Ramadhan: 

  1. Para muslimah banyak yang melewatkan momentum “waktu baik” di bulan Ramadhan. Seperti diketahui di saat Ramadhan itu ada 3 fasa yaitu 1/3 bulan pertama disebut fasa penuh rahmat dan barokah, 1/3 bulan kedua disebut maghfirah, 1/3 bulan terakhir disebut fasa pembebesan dari api neraka. Bayangkan, banyak diantara kami yang melewati fasa tersebut. Banyak diantara kami yang melewati fasa penuh rahmat yang sangat kami butuhkan rahmat dari-Nya. Banyak diantara kami yang melewati fasa maghfirah dimana kami yang banyak dosa dan hina ini sangat ingin memohon ampun kepada-Nya, Banyak diantara kami melewati fasa pembebasan dari neraka yang sangat ingin kami penuhi. Kami sangat ingin beri’tikaf di masjid, menambah ibadah sunnah, dan sangat sangat menginginkan mendapat malam Lailatul Qadr, malam seribu bulan, malam seribu pahala.
  2. Boleh dibilang kami itu hampir sama dengan orang berpuasa. Kenapa? Banyak warung yang tutup. Yups, Alhamdulillah di Negara Indonesia yang mayoritas Islam ini suasana Ramadhan bener-bener dikondisikan. Beberapa warung dan tempat hiburan ditutup. Alhasil, apabila ada muslimah kostan yang di lingkungan sekitarnya tidak ada warung yang buka itu sama artinya dengan kami berpuasa tapi puasa kami hanya sia-sia. Kalau dapet pun makannya mesti sembunyi-sembunyi biar gak menggoyahkan iman makhluk Allah yang lain.
  3. Apabila kami meng-qadha di hari lain, banyak sekali godaan kami. Kami berusaha menahan haus dan lapar dimana disekitar kami banyak orang yang makan dengan lahapnya, kami berusaha menahan nafsu (untuk muslimah yang sudah menikah), dan yang paling kami sedihkan adalah pahala ibadah puasa Qadha kami tidak sama dengan kaum muslim di bulan Ramadhan. Seperti diketahui di bulan Ramadhan itu semua pahala berkali lipat dibandingkan bulan-bulan yang lain. Walaupun demikian, kami menyadari bahwa janganlah kita beribadah hanya untuk menginginkan pahala Allah SWT tapi beribadahlah untuk mencari ridha dari Allah SWT.

Well, bersyukurlan dan berbahagialah bagi kaum muslim yang bisa melalui puasa Ramadhan penuh. Jangan sampai bolong. Sayang bangettt.

NB: Tulisan ini ditulis dalam rangka H-52 Ramadhan 
Bagi muslimah yang masih ada hutang piutang, ayo diselesaikan segera
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment