Tuesday, January 29, 2013

Review Rumah Makan dan Makanan Khas Padang

Tuesday, January 29, 2013 Posted by rizka farizal , 8 comments
Masakan Padang sudah terkenal ke pelosok nusantara dengan ciri khas pedas dan bersantan. Eits, jangan salah ga semua orang tau Rumah Makan dan Makanan yang hanya ada di Sumatera Barat. Tidak hanya Simpang Raya atau Sederhana aja loh yang worth it. Berikut saya ceritakan beberapa RM yang terkenal di Bukittinggi, Padang dan sekitarnya.

1.  Nasi Kapau Uni Cah
Menurut saya, ini adalah RM nasi kapau yang terlezat di Bukittinggi. Bahkan, sudah pernah dikunjungi Bapak Presiden SBY loh. Menu andalannya adalah tambunsu dan ayam rendang. Masih banyak lagi menunya seperti ayam balado, gulai ikan, kalio, gulai kapau jo jangek, dll. Porsi lauknya itu lumayan besar. Jadi, kalau ususnya kecil macem saya sedikit kewalahan menghabiskan satu porsi lauknya.

Tambunsu

2.  RM Puncak Kiambang
RM ini terletak di Jalan Padang – Bukittinggi sekitar 30 – 45 menit dari bandara BIM. Kelebihan dari rumah makan ini adalah view-nya yang langsung terlihat Gunung Tandikat. RM ini sudah dibuka dari pagi sampai malam tapi kalau pagi baru tersedia lontong sayur paku/pakis.

Katupek Gulai Paku

3.  Gulai Itik Lado Mudo Ngarai Sianok
Gulai itik atau bebek ini lezat banget loh. Bagi kamu yang ke Bukittinggi belum lengkap deh kalau tidak mencoba makanan ini. Rasanya sedikit pedas dan enakkk banget.

4.  RM Famili Benteng
RM ini terletak di depan pintu masuk Benteng Fort de Kock dan di Jl. Sudirman depan SD 04 Birugo (SD saya dulu loh). Menu andalannya adalah ayam pop. Beuh, lezat banget. Biasanya saya, keluarga termasuk sepupu saya sering nambah itu ayam popnya. Bahkan, sepupu saya pernah nambah 3 atau 4 gitu. Btw, RM ini punyanya teman SMP saya dulu. #bukanpromosi

5.  RM Selamat
RM ini terletak di kampong Cina Bukittinggi. Menu andalannya adalah rendang. Boleh dibilang masakan rendangnya yang paling enak di Bukittinggi.

6.  Sate Danguang-dangung
Sate ini paling enak di Bukittinggi. Sebenarnya di tempat ini juga tersedia martabak dan es tebak. Perbedaan sate ini dari sate lainnya adalah wangi aroma kapulaga yang menusuk hidung, bergantian dengan aroma kunyit dan merica. Selain itu, kuahnya berwarna agak kuning emas gitu.

7. RM Pak Datuak
RM ini banyak sekali cabangnya. Salah satunya di jalan Padang – Bukittinggi tidak jauh dari Lembah Anai. Makanannya variatif misalnya dendeng balado, ayam pop, belut goreng, dll.

8. Sate Mak Syukur
RM ini terletak di Padang Panjang tepatnya di Jalan Raya Padang -  Bukittinggi. Pada RM ini, kita dapat memilih penyajian yang sate dan ketupat+kuahnya dipisah. Jadi, kita dapat makan sesuai kebutuhan masing-masing. Makan sate tanpa kerupuk jangek (kerupuk kulit) yang gede belom lengkap rasanya kalau tidak dicoba. Hmmm.

9. RM Kiambang Raya
RM ini juga banyak cabangnya di Padang. Menu andalannya adalah ikan bakarnya. Ikan bakarnya, wooow, dari baunya yang tercium dari saat pembakaran sungguh, membuat air liur menetes. #lebaydotcom. Setelah dicicipi, rasa lezat ikan bakar dengan bumbunya yang terasa pedasnya langsung menendang lidah. Apalagi bagi yang suka kecap, dilumuri kecap dan percikan air asam bagi yang suka asam, akan terasa citarasa manis, asam dan pedas.

10. RM Lamun Ombak
RM Lamun Ombak yang disingkat LO ini juga ga kalah dengan RM Simpang Raya dan RM Sederhana dalam hal rasanya. Harganyapun juga lebih murah. Menu makanannya juga variatif tapi andalannya dalah ayam bakar. RM ini juga sudah memiliki banyak cabang di kota Padang.

11. Soto Padang di Jalan Pattimura Padang (*lupa namanya)
Pemiliknya adalah orang India. Soto padang ini terletak di Jalan Pattimura, Padang. Selain soto, di sana juga dijual lontong Padang, Sop Buntut, Katupek Pical, dll. Tapi, saya paling suka soto parunya.

12. Lapau Nasi Fuja
Lokasinya terletak di tepi laut muara Padang (Taplau). Menu seafoodnya serba dibakar dan khusus untuk ikannya bisa dipilih sendiri ikan mentahnya. Seperti di jimbaran gitu deh. Biasanya seafood yang tersedia hanya ikan, udang, dan cumi. Karena lokasinya di tepi pantai banget, rasa makanannya jadi tambah maknyusss.

13.  Martabak Kubang Hayuda
Martabak Kubang atau dikenal juga dengan martabak mesir ini mirip dengan martabak telor. Tapi, perbedaannya terdapat pada isinya yang dilumuri daging sapi yang banyakkk dan makannya pake kuah seperti kuah pempek yang asem-pedes gitu. Hmm, enak bangetlah. Biasanya kalo pulang kampong pasti saya makan ini minimal sekali maksimal bisa berkali-kali dan tidak pernak bosen. :D

Martabak Kubang

Hmmm, kalau tadi saya cerita Rumah Makannya sekarang saya cerita beberapa makanan khas yang ada di Sumatera Barat dan bisa dijadikan oleh-oleh. hihihi

1. Kerupuk Sanjai Balado
Kerupuk ini sudah familiar di nusantara. Biasanya ini menjadi oleh-oleh setiap orang yang pernah ke Sumatera Barat. Kerupuk Sanjai sendiri pertama kali dibuat di desa Sanjai, Bukittinggi. Untuk mengabadikan namanya diberilah nama kerupuk sanjai. Sayangnya, kerupuk sanjai balado yang terkenal sekarang dibuat oleh orang China misalnya Shirley, Christine Hakim, Mekar, dll. Kalau di Bukittinggi yang terkenal kerupuk sanjai Nitta dan pemiliknya orang Minang.

Karupuak Sanjai Balado

2. Karak Kaliang
Bentuknya seperti angka delapan. Rasanya bervariasi misalnya karak kaliang original, karak kaliang bawang, apa lagi yah???

Karak Kaliang (Sumber: Googling)

3. Pisang Kapik
Pisang kapik ini seperti pisang bakar. Tapi, setelah dibakar pisangnya dikapik/dipenyet dan ditaburi kelapa+manisan.

Pisang Kapik

4. Rinuak
Ini adalah makanan khas Danau Maninjau. Teman saya yang bernama Astrid suka banget dengan makanan ini dan ngeluh gitu kenapa ga dari dulu saya perkenalkan makanan tersebut. Bentuknya seperti perkedel tapi isinya ikan yang sangat mini.


5. Ikan Bada dan Ikan Bilih
Menurut saya ikan tersebut sama saja hanya beda produksi. Ikan bada berasal dari Danau Maninjau sedangkan ikan bilih dari Danau Singkarak.

Ikan Bilih atau Ikan Bada

6. Pensi
Pensi merupakan kerang versi mini. Bentuk penyajiannya bisa bervariasi misalnya dibuat sop pensi yang sering dijual di Danau Maninjau, pensi balado, dan gulai pensi.

Pensi

7. Pinyaram
Pinyaram merupakan salah satu kue basah di minang. Makanan ini banyak diproduksi di desa Kayu Tanam, Pariaman. Apabila kita melakukan perjalanan Padang-Bukittinggi pasti melewati daerah ini dan banyak warung yang menjual di tepi jalan.

Pinyaram

8. Bika
Bika ini mirip wingko babat di Semarang tapi versi gede. Bika ini dibuat dari tepung beras dan dimasak dengan cara dibakar di atas tembikar dan dibalut daun apabila dimasak. Bika paling banyak terdapat di Desa Koto Baru (Jl. Padang-Bukittinggi entah km berapa). Adapun, toko yang paling terkenal adalah Bika Simariana.

Bika

9. Galamai
Galamai adalah makanan khas Payakumbuh. Bentuknya seperti dodol yang warnanya coklat kehitaman.

Galamai

10. Bareh Randang
Bareh randang juga makanan khas Payakumbuh. Apabila mendengar katanya mungkin kita akan teringat dengan masakan orang minang yang berwarna hitam dan pastinya enak. Ya memang benar bareh randang adalah masakan orang minang dan rasanya enak, tapi tidak dengan warnanya hitam, bareh randang berwana putih. Nah loh!

Bareh Randang

11.  Batiah
Batiah adalah makanan yang terbuat dari ketan yang dikeringkan. Ketan tersebut sebelumnya ditanak kemudian dikeringkan dan digoreng. Jajanan ini telah menjadi icon dari kota payakumbuh yakni kota batiah.

Batiah

12. Rendang Telur
Rendang telur merupakan inovasi masakan rendang yang dipelopori oleh rang payakumbuh. Rendang telur berbeda dengan rendang biasa. Kompisisi utama pengganti daging adalah telur yang telah diolah menjadi seperti kerupuk. Kemudian dicampur dengan bumbu rendang yang tentu nikmat sekali.

Rendang Telur


13. Kipang Kacang
Makanan yang terbuat dari kacang tanah dan gula merah mirip noga atau ampyang yang biasa dibuat orang Jawa. Rasanya yang manis, gurih, dan renyah. Makanan ini menjadi cemilan sehari-hari bagi masyarakat Tanah Datar dan Balingka, Kabupaten Agam. Cocok dihidangkan degan secangkir teh atau kopi. Yang khas dari kipang kacang adalah dau pisang yang dijadikan alas pada setiap kemasannya.

Kipang Kacang

14. Palai Bada
Palai Bada adalah sebuah makanan tradisional masyarakat pesisir Selatan atau Painan, terbuat dari campuran ikan teri, kelapa parut, cabe dan bumbu-bumbu lainnya. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan dibakar diatas bara tempurung. Tidak memakai penyedap rasa dan lain-lainnya yang berbau kimia. Betul-betul alami. Bagi orang Painan biasanya Palai Bada ini dijadikan sambal sebagai teman makan nasi.

Palai Bada

Itulah beberapa kuliner yang ada di daerah Sumatera Barat. Berdasarkan yang telah dijelaskan di atas tidak semua makanan di Sumatera Barat itu pedas loh ada yang manis, asem, dan crispy kan.

Selamat mencoba bagi yang ingin mencoba!!!
Reaksi:

8 comments:

  1. Wuiihhh Ini mah Super Lengkap Kak,
    Ada semua disni..

    Sate Mak Syukur itu rame terus, tapi saya ambo alun ado nyicip nyo lai Kak, hehe,, :)

    ReplyDelete
  2. Makasih hendri udah mampir
    hehe. Cari belum berjodoh dg sate Mak Syukur ternyata
    Klo gak libur, gak terlalu rame kok :)

    ReplyDelete
  3. sis, infonya banyakl banget!! aku bukan orang sumatra barat tapi ntergila-gila sama masakan padang. nah, aku mau tanya, aku kan tinggal di jakarta, tau gak sis, produsen atau orang payakumbuh atau yang bikin rendang telur yang super enakl?? soalnya aku nyari kok susah banget yah dan gak di semua restauran padang juga jual ini rendang.. boleh minta infonya gak? untuk infonya tengkyu banget yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah sekarang saya anak rantau euy
      Cuma sekali setahun ke ranah minang
      Maaf klo toko rendang telur yang paling enak di Payakumbuh tidak tau juga. Saya juga coba hubungi temen yg di Payakumbuh, dia juga lupa nama tokonya.
      Tapi rendang telur banyak kok dijual di toko oleh-oleh seperti cdristine hakim dan shirley. Rasanya gak jauh beda kok

      Delete
  4. Harus di-bookmark banget nih halaman.

    ReplyDelete
  5. SEKEDAR INFO BOCORAN TOGEL
    JIKA ANDA BUTUH A'NGKA GHOIB/JITU
    SGP HK MALAYSIA ARAB SAUDI LAOS
    2D_3D_4D-5D-6D-7D DI JAMIN 100% TEMBUS...
    SAYA BUKTINYA SUDAH 5X JP
    DAN SAYA SUDAH BENER2 YAKIN DENGAN AKI RORO
    YANG TELAH MEMBERIKAN ANGKA RITUAL NYA
    BAGI ANDA YANG SUKA MAIN TOGEL
    & INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN GABUNG DENGAN AKI RORO
    SILAHKAN HUB DI NO: ((_082_336_642_456_))
    ATAU >>KLIK DI SINI<<
    Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D
    dan alhamdulillah saya dpat Rp 250 juta dan semua ini
    berkat bantuan angka dari AKI RORO
    karena cuma Beliaulah yang memberikan angka
    ritual yg di jamin 100% tembus awal saya
    bergabung hanya memasang 100 ribu karna
    saya ngak terlalu percaya ternyatah benar-benar
    tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angka nya,,,,buat anda yg butuh angka yang di jamin tembus
    hubungi AKI RORO DI NO: ((_082_336_642_456_))
    insya allah beliu akan siap menbatu kesusahan anda
    ''kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T dan terima kasih banyak kepada AKI RORO.

    ReplyDelete